Review Battle

Mencicipi 3 Roti Sourdough Rumahan, Mana yang Paling Enak?

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Jul 2020 17:00 WIB
Sourdough Foto: detikFood
Jakarta -

Sejak pandemi Corona, sourdough dilirik banyak orang karena rasanya yang unik. Di Jakarta ada 3 roti sourdough rumahan yang sedang ngetren. Mana yang paling enak?

Sudah ada sejak 1500 SM di Mesir, roti jadul yang satu ini kembali naik daun di tengah pandemi. Banyak orang yang kesulitan mendapatkan ragi instan untuk membuat roti, sehingga mereka beralih membuat sourdough yang terbuat dari ragi alami.

Baca Juga: Cicip 3 Korean Garlic Cheese Bread Viral, Mana yang Enak?

Tak hanya ngetren di negara barat saja, di Indonesia pun roti sourdough sudah banyak peminatnya. Kebanyakan roti dengan ciri khas rasa asamnya ini dibuat secara homemade atau rumahan dengan slot pemesanan terbatas setiap harinya.

Penasaran dengan rasanya, detikFood memutuskan untuk mencoba tiga roti sourdough dari tiga pembuat yang berbeda. Pertama ada roti sourdough dari Doughnuting.co, kemudian ada sourdough buatan Bornean Bakes, dan sourdough angkak buatan Tia Wongso.

Semuanya kami pesan roti sourdough jenis klasik dengan ukuran sekitar 500-700 gram per satu buah roti.

SourdoughSourdough dari Doughnuting.co Foto: detikFood

Pertama kami mencoba roti sourdough dari Doughnuting.co, sourdough yang satu ini terbilang spesial karena dibuat langsung oleh Chef Fernando Sindu. Meski Chef Fernando terkenal dengan kreasi makanannya di berbagai restoran mewah di Jakarta, tapi rupanya chef yang satu ini mahir juga mahir membuat sourdough.

Dengan tampilan yang cantik, sourdough dari Doughnuting.co ini harganya sekitar Rp 35.000. Chef Fernando mengaku bahwa dia baru saja belajar membuat sourdough sekitar 2,5 bulan yang lalu saat berada di rumah. Dengan mengembangkan ragi alami sendiri.

SourdoughSourdough doughnuting.co Foto: detikFood

Sourdough buatannya ini ukurannya cukup besar dengan tekstur luar roti yang sangat kokoh dan cukup tebal.

Ketika dipotong, bagian dalamnya lembut berongga. Teksturnya cukup kenyal dan mudah dicerna, aroma dan rasa asamnya memang tidak terlalu kuat. Tapi tertolong dengan tekstur layer roti bagian atas yang garing dan gurih. Sementara tekstur lapisan bawah rotinya cukup tebal.

Jika suka bisa pesan paket Sourdough Bundle (Rp 100.000), yang terdiri dari sourdough, selai Pineapple Habanero, Tomato Chili dan Beef Bacon Onion. Rasa rotinya semakin enak dan gurih jika dipadukan dengan selai homemade ini.

SourdoughSourdough dengan selai dari Doughnuting.co Foto: detikFood

Selanjutnya kami mencoba sourdough buatan Bornean Bakes, spesialis sourdough baker di Jakarta. Satu sourdough loaf dihargai sekitar Rp 60.000. Sama seperti yang lain, Bornean Bakes juga menggunakan ragi alami yang hanya terbuat dari air dan tepung terigu.

Untuk tampilan rotinya lebih lonjong memanjang, ketika dipotong bagian luarnya tidak sekokoh sourdough yang pertama.

SourdoughSourdough Bornean Bakes Foto: detikFood

Lalu tekstur rotinya sendiri cukup lembut dengan aroma asam yang tercium dari luar. Tendangan rasa asam lebih terasa di after taste-nya. Sementara tekstur luarnya tidak terlalu tebal jadi lebih mudah untuk disobek menggunakan tangan.

Terakhir kami mencoba sourdough angkak (Rp 55.000) buatan Tia Wongso, yang terkenal dengan kreasi pastrynya di toko kue legendaris, Vineth Bakery.

SourdoughSourdough by Tia Wongso. Foto: detikFood

Sourdough yang satu ini bisa dibilang berbeda dengan lainnya, karena bagian dalamnya berwarna pink cerah dari penggunaan angkak atau beras ragi merah. Meski menggunakan angkak tapi tidak mengubah rasa sourdough.

Tekstur rotinya sendiri lebih ringan dibandingkan dua sourdough sebelumnya. Tapi untuk masalah rasa asam, ciri khas asam di sourdough angkak ini paling dominan dan terasa di lidah.

Bagian bawah roti tidak gosong dan cenderung tipis, tipe roti yang enak jika disantap dengan sup atau cream cheese. Mudah disobek dengan tangan. Sementara bagian luarnya renyah.

Sourdough Kreasi Tia WongsoSourdough Angkak Foto: Tia Wongso

Ketiga sourdough ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seperti sourdough dari Doughnuting.co mampu menciptakan rasa roti yang tidak terlalu asam, dengan tekstur kenyal lembut. Cocok bagi yang mau mencoba sourdough untuk pertama kali.

Sementara sourdough buatan Bornean Bakes dan Tia Wongso, rasa asamnya jauh lebih dominan tapi tetap enak disantap. Keduanya punya lapisan luar yang tipis dan crunchy.

Nah bagi penggemar sourdough yang penasaran dengan cita rasa si lembut roti asam ini, bisa memesan ketiganya lewat Instagram dan nomor telepon di bawah ini. Pastikan memesan 2-3 hari sebelumnya, karena roti sourdough ini biasanya memiliki slot pemesanan yang terbatas setiap harinya.


Bornean Bakes
Cengkareng, Jakarta Barat.
Pemesanan via WA: 087818023748
Instagram: @borneanbakes

Doughnuting Bakery
DKI Jakarta.
Pemesanan via DM Instagram: @doughnuting.co

Tia Wongso
DKI Jakarta
Pemesanan via WA: 08111988996

Baca Juga: Ada Sourdough Angkak hingga Carrot Cake yang Enak di Sini



Simak Video "Cicip Sate Ayam H Ishak di Pasar Lama Tangerang yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)