Ada Sourdough Angkak hingga Carrot Cake yang Enak di Sini

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 11:00 WIB
Freshly baked sourdough spelt bread and traditional italian bread on olive wood board Foto: Istimewa
Jakarta -

Sedang ngetren di Indonesia, roti sourdough kini variasinya semakin beragam. Salah satunya ada sourdough angkak dan yang diolah jadi carrot cake yang legit.

Berawal dari Mesir, roti sourdough yang terbuat dari ragi alami dengan cita rasa asamnya kini sedang tren di Indonesia. Popularitasnya kian meningkat di masa pandemi Corona, karena orang-orang sulit mendapatkan ragi instan sehingga membuat ragi sendiri.

Kini kreasi sourdough di Indonesia cukup banyak. Salah satunya kreasi sourdough milik Tia Wongso, ahli pastry sekaligus pengelola toko kue legendaris Vineth Bakery di Jakarta.

Kepada detikFood (17/07), Tia membagikan hasil kreasi sourdough dan proses pembuatannya.

Baca Juga: Mengenal Sourdough, si Roti Asam Lembut yang Lagi Ngetren

1. Tertarik Membuat Sourdough

Sourdough Kreasi Tia WongsoSourdough Kreasi Tia Wongso

Setelah sukses mengelola Vineth Bakery yang menyediakan aneka roti dan kue khas Eropa, Tia mulai tertarik belajar membuat sourdough. Si roti asam dengan tekstur kenyal yang digemari banyak orang.

Putri sulung dari pakar kuliner William Wongso ini menyebutkan bahwa dia sebenarnya belajar membuat sourdough sejak dua tahun lalu. Namun karena beberapa hal, ia sempat menunda ketertarikannya pada sourdough.

"Pertama kali buat roti sourdough sebenarnya sekitar bulan April lalu. Saya pertama kali membuat sourdough sekitar dua tahun, tapi tidak diteruskan. Pas di rumah (selama pandemi), saya baru mencoba membuat sourdough lagi. Lalu baru beli buku tentang sourdough," jelas Tia lewat sambungan telepon.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]