Enak Dibungkus: Paru Cabe Merah dan Dadar Telur Bebek Racikan Chef Renatta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Mei 2020 15:00 WIB
Enak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Chef Renatta Moeloek punya usaha kuliner baru bernama Enak Dibungkus. Berbagai lauk rumahan seperti paru cabe merah, tumis kacang panjang, hingga dadar tahu telur bisa dipesan online.

Sejak jadi juri kompetisi masak MasterChef Indonesia, nama chef Renatta Moeloek semakin melambung. Sebelumnya ia telah mendirikan beberapa usaha kuliner seperti Ruma Dining dan Fedwell.

Yang terbaru, chef muda ini memperkenalkan Enak Dibungkus. Ragam lauk rumahan racikannya dijual online melalui Tokopedia. Pengiriman nantinya melalui layanan ojek online di hari yang sama.

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Meski baru dibuka akhir April 2020, peminat Enak Dibungkus sangat banyak. Sampai-sampai ketika kami ingin mencicipi, harus ikut antrean dalam sistem pre order 8 hari.

Menu-menu yang ditawarkan antara lain paru cabe merah, lidah cabe ijo, dadar tahu telur bebek, ayam ungkep madu, oseng iga, daging sapi cabe, oseng oncom kemangi, sampai tumis kacang panjang tahu tempe. Harganya bervariasi dengan yang termahal Rp 195.000 untuk olahan daging seberat 1 kg.

Baca Juga: Bensunda Express : Pedas Nendang Tunjang Mercon dan Jambal Asin Pete

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Selain itu, Enak Dibungkus juga tawarkan ragam sambal dan kremesan untuk teman makan nasi. Kami pun tertarik mencicipinya. Kami memesan Kremes Cabe 125 Gram (Rp 30.000), Dadar Tahu Telur Bebek 500 gram (Rp 45.000), Paru Cabe Merah M 1 kg (Rp 70.000), dan Tumis Kacang Panjang Tahu Tempe 500 gram (Rp 55.000) yang datang 7 hari kemudian.

Semua makanan dikemas rapi dalam kotak plastik. Kotak ini aman untuk dipanaskan dalam oven microwave sehingga bisa langsung dipanaskan kalau mau. Alternatif lain adalah memanaskan lauk di wajan seperti yang kami lakukan.

Kami penasaran dengan dadar tahu telur bebek yang banyak dijagokan. Kami memesan ukuran M (500 gram) yang bisa dinikmati setidaknya 3 orang karena berupa dua potong dadar ukuran besar.

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Tampilan dadar ini mirip frittata, omelet khas Italia yang teksturnya tebal. Di dalamnya ada isian daun bawang dan potongan tahu putih. Soal rasa, dadar ini terasa lebih gurih karena memakai telur bebek.

Meski begitu gurihnya pas, tidak terlalu berlebihan. Adanya tahu memberi tambahan tekstur dan aksen creamy yang enak. Sayangnya kami mencecap adanya rasa tepung yang agak kuat pada telur ini. Kami tidak yakin dari mana rasa tepung itu berasal.

Paru Cabe Merah benar-benar berporsi besar. Karena ukurannya 1 kg, potongan paru memenuhi wadah kotak plastik. Menu ini tercium menggugah selera saat dibuka, apalagi ketika dipanaskan di wajan.

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Di antara potongan paru terdapat banyak cabe merah dan sedikit daun jeruk. Nyamm! Paru ini memanjakan selera kami sebagai pencinta paru kenyal dan empuk. Rasa pedasnya tak terlalu kuat sehingga cocok untuk kamu yang tak tahan pedas. Kelebihannya, paru ini juga tidak tercium atau terasa amis.

Baca Juga: Awkenyang : Lauk Rumahan dari Resep Andalan Ibu Awkarin

Makan nasi kami dengan lauk Enak Dibungkus makin lengkap karena Tumis Kacang Panjang Tahu Tempe. Sayuran seberat 500 gram ini benar-benar melimpah. Ketika datang, warna kacang panjangnya sudah hijau agak gelap. Tidak hijau terang sehingga kurang menarik selera.

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Begitu dipanaskan, warna hijau ini semakin menggelap. Namun tekstur kacang panjang ternyata masih renyah saat kami cicip. Rasanya tak ubahnya tumis kacang panjang rumahan dengan semburat gurih seperti dari saus tiram.

Terakhir, ada Kremes Cabe dari Enak Dibungkus yang kami coba. Dikemas dalam botol, buliran kremesan ini terlihat halus. Di bawahnya ada jejak minyak cabai yang memberi aksen pedas kuat.

Enak Dibungkus by Chef Renatta MoeloekEnak Dibungkus by Chef Renatta Moeloek Foto: dok. detikFood

Kremes cabe ini benar-benar membuat rasa nasi putih hangat makin enak. Makan lauk pun jadi semangat karena sensasi pedas yang ditimbulkan.

Dalam keterangan produknya, Enak Dibungkus mengklaim produknya bisa tahan hingga 10 hari kalau disimpan di kulkas. Saat ingin dimakan, sebaiknya diambil secukupnya untuk dipanaskan di kompor atau microwave. Sayangnya usaha kuliner chef Renatta ini masih melayani wilayah Jakarta dan sekitarnya saja.

Enak Dibungkus
Instagram: enakdibungkus
Tokopedia: EnakDiBungkus



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Oseng Pedas yang Bikin Ngiler"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)