Awkenyang : Lauk Rumahan dari Resep Andalan Ibu Awkarin

Devi Setya - detikFood Rabu, 22 Apr 2020 12:00 WIB
awkenyang Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Youtuber kontroversial, Awkarin mencoba peruntungan lewat bisnis kuliner. Kali ini ia menghadirkan aneka menu rumahan yang diracik dari resep sang ibu.

Bisnis kuliner dengan nama Awkenyang ini memang baru berjalan beberapa bulan tapi peminatnya sudah banyak. Karena penasaran, DetikFood ikut mencoba memesan untuk mencicip menu rumahan ala ibunda Awkarin.

Awkenyang saat ini hanya menerima pemesanan online, kami pun memutuskan memesan lewat layanan ojek online. Dari aplikasi ojek online, lokasi Awkenyang berada di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

awkenyangawkenyang Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : 5 Fakta Awkarin, Beri Nasi Kotak ke Demonstran hingga Jago Masak Hati Ampela


Menu yang ditawarkan Awkenyang terbilang cukup banyak dan bervariasi. Namun sayangnya tidak semua menu tersedia. Alhasil, kami hanya bisa memilih menu dengan pilihan terbatas.

Dalam berbagai kesempatan, Awkarin selalu mengatakan kalau menu yang hadir di Awkenyang ini adalah resep andalan ibundanya. Kalau dilihat jenisnya memang hampir semua menu ini masakan rumahan.

Awkenyang menawarkan paket, nasi kotak, rice bowl dan menu lauk ala carte. Kami pun memutuskan untuk memesan satu paket nasi kotak, satu rice bowl dan menu lauk.

awkenyangawkenyang Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Untuk nasi kotak, kami memesan Paket Puas B3 (Rp 60.000) yang terdiri dari satu porsi nasi, opor ayam, sambal goreng ati dan daging balado. Paket ini berupa kemasan paper box yang didominasi warna pink dengan gambar icon Awkenyang.

Mencium aromanya langsung menggoda selera. Lauk yang pertama kami coba adalah opor ayam, potongan paha bawah ayam ini dilengkapi kuah opor kuning yang rasanya gurih. Konsistensi kuahnya pas, tidak terlalu encer dan tidak juga kental.

Sedikit minyak terlihat menggenang di kuah opor ini. Rasa opor berbumbu kuat namun tak bikin eneg. Daging ayamnya juga empuk lembut, kami bisa mengunyah dengan mudah.

Sementara sambal goreng atinya punya tampilan sederhana. Hati sapi dan kentang dipotong dadu lalu dimasak dengan sambal balado yang pedasnya cukup nendang. Rasa sambal goreng ati ini mengingatkan pada sambal goreng bikinan rumahan.

Selanjutnya ada daging balado, potongan daging sapi ini menurut kami lebih mirip dendeng karena teksturnya kering dan agak keras. Lumuran sambal balado menyelimuti daging. Bagi penyuka makanan pedas, daging balado ini paling pas disantap dengan nasi hangat.

awkenyangawkenyang Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Kami juga memesan Rice Bowl Tongkol Suwir Sambal Matah (Rp 27.000). Menu ini jadi pilihan menu paling murah di Awkenyang. Berupa nasi putih dengan topping lauk.

Benar saja, paket ini sepertinya jadi paket paling sederhana. Isinya seporsi nasi dengan lauk ikan tongkol suwir yang diberi topping sambal matah. Dua iris mentimun jadi pelengkap rice bowl. Tongkol disajikan terpisah dengan nasi, kami melihat lauk ini agak terlalu berminyak, dilengkapi irisan cabai, bawang dan daun jeruk. Aromanya semerbak segar khas sambal matah.

Kami menyantapnya langsung dengan mencampur ikan tongkol bersama nasi. Daging ikannya disuwir dengan ukuran agak besar. Tapi sayang, meski sudah dicampur sambal matah, kami masih bisa merasakan jejak aroma amis yang cukup menyengat dari ikan tongkolnya.

Baca juga : Lihat Lagi Kulineran Mewah Awkarin di Jepang hingga di Australia

awkenyangawkenyang Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Terakhir, menu ala carte Tumis Buncis Daging Giling (Rp 84.000) dengan ukuran berat 200 gram. Kami agak terkejut dengan tampilannya karena tumis buncis ini terbilang punya harga tinggi, tapi tampilannya sederhana banget.

Baby buncis di sini dimasak dengan pas, teksturnya masih renyah dan warnanya tampak hijau terang. Tapi porsi daging cincang yang jadi campuran terlihat sedikit, serta cincangannya terlalu halus. Soal rasa, tumis buncis ini punya rasa gurih sedikit pedas. Tak terlalu istimewa.

Selain menu yang kami pesan, Awkenyang juga menawarkan berbagai menu lainnya seperti udang telur asin, cumi balado, udang balado, ayam cabe ijo dan tumis toge teri. Paket nasi kotak dan rice bowlnya juga tersedia dalam beberapa pilihan menu.

Tertarik mencoba? Kamu bisa melakukan pemesanan langsung lewat aplikasi ojek online. Harga ongkos kirim disesuaikan dengan jarak pengantaran.

Awkenyang
Instagram @awkenyang



Simak Video "Sambal Terasi Rumahan yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)