Ketupat Ketan Khas Sumatra yang Pulen Gurih, Sajian Istimewa Hari Raya

Odilia WS - detikFood Senin, 02 Mei 2022 09:00 WIB
Ketupat Ketan Khas Sumatra Foto: Detikfood
Jakarta -

Ketupat ketan yang pulen gurih jadi sajian istimewa saat lebaran. Sajian khas Sumatra ini bisa dimakan dengan gulai daging atau tape ketan. Pulen enak!

Selain memilik beragam bentuk kulit atau bungkus, ketupat umumnya diisi dengan beras. Setelah direbus jadi lembut pulen lalu dimakan dengan berbagai lauk-pauk. Tiap daerah punya jodoh lauk yang berbeda dan enak.

Jika di daerah Jawa ketupat selalu disajikan dengan sayur gurih labu siam, opor ayam, sambal goreng kentang atau udang atau hati ayam. Ditambah taburan serundeng dan kerupuk, jadi sajian yang lezat.

Sementara di daerah Sumatra Barat, masyarakat Minang biasa menikmati ketupat dengan gulai cubak, gulai paku dengan lauk rendang daging dan telur balado. Ragam lauknya sangat beragam tergantung daerahnya.

Begini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid BasalamahTape ketan hitam teman makan ketupat ketan. Foto: iStock

Di Sumatra Utara, biasanya ketupat dimakan dengan sayur gurih Medan berbumbu tauco, dengan lauk rendang daging, telur balado hingga kering kentang dan tempe.

Selain diisi dengan beras, di Sumatra Barat, ketupat diisi dengan beras ketan, ketan hitam atau ketan putih. Bentuk kulit ketupatnya lebih mungil, dimasak dengan santan sehingga gumpalan blondo yang gurih membalut ketupat ketan ini.

Ketupat ketan atau katupe pulut ini selain dimakan dengan gulai, juga dinikmati dengan tape ketan hitam. Fermentasi ketan hitam yang legit berair ini sangat cocok dimakan dengan ketan pulut yang lembut gurih.

Di daerah Sumatra Utara, ketupat ketan dimasak dengan kulit ketupat agak besar. Dimakan dengan gulai korma kambing. Rasa pulen legitnya cocok dimakan dengan kuah gulai yang gurih asam pedas.

Jika mau membuat sendiri, kamu bisa menyiapkan kulit ketupat yang agak kecil ukurannya. Cara membuat dan tipsnya bisa kamu lihat di Resep Ketupat Ketan ini.

Agar pulen empuk, rebus ketupat ketan dengan air biasa hingga setengah matang. Setelah itu baru rebus dengan santan kental hingga ketupat matang dengan gumpalan santan yang melekat pada ketupat.

Setelah dingin ketupat ketan enak dimakan dengan cocolan tape ketan hitam. Tape ketan hitam bisa dibeli siap saji di pasar atau toko online. Ketupat ketan ini bisa jadi pilihan saat kumpul keluarga di hari Idul Fitri.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com