Nasi Rames Nusantara

2 Resep Nasi Kuning Pulen dan Harum Untuk Tumpengan

Odilia WS - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 10:30 WIB
8 Resep Lauk Nasi Kuning Untuk Tumpeng 17 Agustus Foto: iStock
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Nasi kuning yang pulen gurih jadi bahan utama tumpengan. Warna kuningnya berasal dari kunyit segar dan untuk membuat nasi kuning kamu bisa pakai 2 cara ini.

Warna kuning pada nasi kuning melambangkan syukur dan kegembiraan. Nasi kuning yang cocok untuk dibentuk sebagai tumpeng adalah nasi kuning yang pulen dan lembut serta harum aromanya.

Untuk membuat nasi kuning untuk tumpengan ada dua cara yang bisa kamu pilih. Sebelum memasak nasi kuning ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya maksimal.

1. Beras pulen

Untuk membuat nasi kuning yang pulen, pilihlah beras jenis short grain atau yang pulen. Seperti beras rojolele, pandan wangi, mentik atau mentik susu. Karena beras ini memiliki tekstur lembut sedikit lengket saat menjadi nasi.

Ada beberapa orang yang sering juga mencampurkan beras putih dengan beras ketan untuk mendapatkan hasil yang pulen wangi. Kamu bisa mencampurkan 10% dari total jumlah beras dengan beras ketan. Jadi untuk 1 kg beras, bisa dicampur maksimal 100 g beras ketan.

Setelah dicuci bersih dan ditiriskan, beras bisa direndam selama 30 menit - 1 jam dengan air dingin agar lebih lembut dan empuk teksturnya saat dimasak jadi nasi.

2. Rempah Pewangi

Nasi kuning yang enak selain pulen juga beraroma wangi. Karena itu selalu tambahkan daun pandan, daun jeruk, daun salam dan batang serai yang dimemarkan, ke dalam beras yang dikukus.

Sebagai pewarna kuning, gunakan empu kunyit yang tua yang dihaluskan. Jika tidak ada bisa dipakai kunyit bubuk. Sesuaikan jumlahnya dengan warna kuning yang diinginkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lobster Mentai Mozzarella yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com