Menu Harian Ramadhan ke-8 : Iga Bakar Betawi Lezat Untuk Berbuka

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Mei 2020 08:30 WIB
iga bakar dan penyet Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah seharian menahan lapar, coba manjakan lidah dengan iga bakar Betawi sebagai santapan malam. Energi dan semangat pasti balik lagi.

Iga sapi enak dijadikan sup ataupun dibakar. Lumuran bumbu kecap membuat iga bakar ini lebih menggoda. Untuk membuat daging iga empuk, coba rebus secara perlahan.

Buka puasa dengan menu manis pastinya jadi daya tarik yang sulit ditolak. Menu yang bisa jadi pilihan adalah puding cokelat. Pencinta cokelat pasti suka dengan menu manis legit yang satu ini.

Dan menu sahur yang praktis dan rasanya ngangeni adalah nasi goreng kampung. Seporsi nasi goreng sederhana ini siap mengganjal perut sebagai santapan sahur. Lengkapi juga isiannya dengan sumber protein seperti ayam dan telur.

Berikut pilihan menu sahur, buka puasa dan makan malam hari ini.

1. Sahur : Nasi Goreng Kampung

nasi goreng kampungnasi goreng kampung Foto: detikFood


Jangan sedih kalau di rumah hanya punya nasi dan sisa ayam goreng. Coba masak jadi nasi goreng kampung yang rasanya sederhana tapi ngangeni. Bumbunya juga tak repot dibuat.

Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Kalau mau rasanya makin gurih mantap, lengkapi dengan terasi goreng, kaldu bubuk dan kecap manis. Santap sahur akan makin lengkap dengan kriuknya kerupuk. Resep nasi goreng kampung ini bisa jadi panduan.

Baca juga : 5 Resep Puding Cokelat Susu, Pas untuk Valentine


2. Menu Berbuka : Puding Triple Choco

puding cokelatpuding cokelat Foto: detikFood


Makanan lembut dan manis memang cocok jadi hidangan berbuka puasa. Kalau suka cokelat, menu puding satu ini bisa jadi pilihan.

Puding ini menggunakan dua jenis cokelat sekaligus yakni dark cooking cokelat dan choco chips. Apalagi puding juga dilengkapi dengan saus cokelat. Lembut puding cokelat ini siap membelai lidah saat buka puasa. Yuk bikin puding cokelat dengan resep ini.

3. Makan malam : Iga Bakar Betawi

iga bakariga bakar Foto: Dok. detikFood


Pilih iga berdaging tebal yang dilapisi lemak. Iga ini paling enak diolah jadi iga bakar ala Betawi yang manis gurih dan juicy. Untuk membuat iga bakar ini juga tidaklah sulit.

Sebelum dibakar, rebus dahulu iga hingga empuk. Saat dibakar, olesi dengan racikan kecap, bawang putih cincang, merica bubuk dan air jeruk nipis. Hmm, makan malam nikmat dengan iga bakar Betawi bisa dihadirkan di rumah dengan resep ini.

Baca juga : 5 Resep Iga Sapi yang Empuk Juicy dan Gampang Dibuat



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)