Menu Harian Ramadhan ke-25: Sup Hingga Rawon Buntut Bisa Jadi Ide Masak Hari Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 30 Mei 2019 10:30 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Buat hidangan spesial untuk keluarga bisa dilakukan saat libur seperti ini. Ragam sup hingga rawon berbahan buntut bisa jadi menu sedap hari ini. Tertarik?

Tak hanya bisa jadi menu berbuka dan sahur. Akan tetapi masakan buntut ini bisa juga jadi ide hidangan lebaran dengan kuah segar dan gurih.

Sup yang dibuat dengan kuah kaldu bening serta rawon berkuah cokelat sama-sama punya rasa enak. Apalagi keduanya dinikmati bersama nasi atau lontong. Hmm, dijamin bikin ketagihan!

Selain itu, ada juga minuman manis berbahan dasar cokelat. Milkshake cokelat yang legit dingin bisa jadi menu pembuka yang pas.

1. Hidangan sahur

Menu Harian Ramadhan ke-25: Sup Hingga Rawon Buntut Bisa Jadi Ide Masak Hari IniFoto: detikfood

Sahur dengan semangkuk sajian sup hangat memang bisa bantu tingkatkan sistem imun tubuh. Sup buntut enak bisa dibuat dengan cara mudah. Berpadu aneka rempah yang nikmat, sup makin enak disantap dengan beberapa pelengkap. Mulai dari potongan tomat, seledri, jeruk nipis hingga bawang merah.

Dengan menggunakan pressure cooker, memasak sup buntut hanya 30 menit saja. Tertarik mencoba? Langsung saja cek resepnya di sini.

2. Camilan

Menu Harian Ramadhan ke-25: Sup Hingga Rawon Buntut Bisa Jadi Ide Masak Hari IniFoto: Ari Saputra/detikcom

Kalau sudah beli gorengan, kini saatnya membuat sajian minuman manis untuk berbuka puasa. Milkshake cokelat yang manis dengan sensasi dingin bisa bantu atasi dahaga.

Cukup siapkan beberapa bahan, seperti Nutella, susu cair hingga es krim cokelat. Minuman ini pasti jadi kesukaan anak-anak di rumah. Kalau mau bikin, langsung saja intip resepnya di sini.

3. Hidangan utama

Menu Harian Ramadhan ke-25: Sup Hingga Rawon Buntut Bisa Jadi Ide Masak Hari IniFoto: Ari Saputra/detikcom

Menu berbuka puasa yang sedap dan komplet bisa dengan rawon. Kali ini rawon tidak dibuat dengan potongan daging sengkel, melainkan buntut sapi berukuran sedang.

Kuah cokelatnya memiliki rasa gurih dengan perpaduan keluak yang khas. Makin asyik dinikmati bersama dengan telur asin, tauge pendek dan juga sambal terasi.

Untuk membuatnya, Anda bisa cek cara pembuatan dan juga bahan-bahan yang digunakan di sini. (lus/odi)