Menu MPASI Bayi Sebaiknya 4 Bintang, Apa Maksudnya?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan, saatnya ibu kenalkan makanan pendamping asi (MPASI). Agar komplet dan sarat gizi, menunya harus 4 bintang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar anak usia 6 bulan diperkenalkan menu tunggal selama 14 hari dan kemudian dilanjutkan dengan menu 4 bintang. Menu 4 bintang juga direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Menu MPASI Bayi Sebaiknya 4 Bintang, Apa Maksudnya?Foto: iStock

Apa menu MPASI 4 bintang? Ini adalah menu makanan yang mengandung empat unsur zat gizi. Mulai dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.

Baca juga: Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di Rumah

Karbohidrat bisa didapatkan dari beras merah, beras putih, kentang dan umbi-umbian. Sedangkan untuk protein hewani bisa didapatkan dari ceker, hati ayam, daging ayam, daging sapi, telur dan ikan. Sedangkan untuk protein nabati bisa memilih tempe, tahu, kacang merah, edamame atau kacang polong.

Sedangkan untuk sayuran dapat memilih kabocha atau labu Jepang, wortel, bayam, labu siam hingga tomat.

Memberikan menu 4 bintang ini dapat mencegah anak kekurangan zat gizi, baik makro maupun mikro. Agar rasanya enak, pastikan mengolah makanan si kecil dengan menambahkan bumbu seperti bawang merah dan bawang putih.

Jangan lupa untuk menambahkan lemak yang bisa didapatkan dari minyak zaitun, unsalted butter atau pun kaldu buatan sendiri.

Menu MPASI Bayi Sebaiknya 4 Bintang, Apa Maksudnya?Foto: iStock

Menu 4 bintang ini bisa dimasak dalam bentuk apa saja. Bisa sup, tumisan atau dicampur dalam bubur si kecil. Jadwal pemberian makanan si kecil bisa dilakukan 3 kali sehari. Dan diberikan camilan dalam bentuk buah.

Buah yang aman diberikan untuk si kecil cukup banyak. Mulai dari pisang, pepaya, jeruk manis, alpukat, apel hingga buah naga.

Baca juga: Campurkan MPASI dengan 5 Makanan Ini Agar Berat Badan Si Kecil Naik (lus/odi)