Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di Rumah

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Mar 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat si kecil mulai belajar makan, para ibu bekerja pasti akan disibukkan membuat makanan anak. Selain bahan, cara penyimpanannya juga perlu diperhatikan.

Memasak dengan porsi yang kecil menjadi tantangan untuk setiap ibu. Padahal sistem memasak bisa dilakukan sekali setiap harinya untuk tiga kali makan. Akan tetapi ada hal yang perlu diketahui agar kualitas makanan tetap baik dan gizinya tetap optimal.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan para ibu di rumah agar si kecil tetap bisa menikmati makanan sehat buatan sendiri.

1. Pilih bahan wadah berkualitas

Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di RumahFoto: iStock

Makanan pendamping ASI untuk si kecil haruslah mengandung empat bintang dengan isi karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan lemak. Untuk menyimpan makanan yang sudah dimasak matang sebaiknya simpan dalam wadah berbahan aman dan berkualitas atau food grade (aman untuk makanan).

Gunakan wadah plastik BPA free yang dilengkapi dengan tutup. Sebaiknya jangan gunakan wadah berbahan kaca karena saat disimpan dalam freezer sangat rentan pecah.

Baca juga: Walaupun Bekerja, Bunda juga Bisa Loh Siapkan MPASI Sehat

2. Sesuaikan ukuran wadah dengan porsi

Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di RumahFoto: iStock

Dalam sekali masak, Anda dapat membuat sekaligus untuk tiga kali makan. Porsi si kecil tidak banyak, terutama saat perkenalan makanan. Anak yang berusia 6 bulan biasanya mengonsumsi makanan sebanyak 2-3 sdm sekali makan.

Simpan makanan matang dalam wadah kecil dan sudah dipisahkan per porsi. Sehingga ketika ingin dihangatkan, dapat langsung habis tak perlu dikeluarkan dan disimpan kembali. Hal ini dapat menghindari adanya kontaminasi bakteri saat makanan disimpan.

3. Lama simpan MPASI

Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di RumahFoto: iStock

Untuk menyimpan MPASI di kulkas sebaiknya tidak lewat hari, jadi dimasak untuk setiap harinya. Untuk penyimpanan di kulkas harus ditutup dengan sempurna untuk menghindari kontaminasi bahan lainnya.

4. Menyajikan makanan selingan

Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di RumahFoto: iStock

Makanan selingan untuk si kecil adalah buah. Makanan selingan ini bisa dibuat dari buah segar yang tidak dimasak seperti air jeruk manis, pepaya, alpukat dan pisang.

Namun jika ingin menyimpan puree buah dalam bentuk beku bisa dicetak dalam wadah tertutup rapat.

5. Cara memanaskan MPASI yang disimpan

Ibu Bekerja, Begini Lho 5 Cara Simpan MPASI di RumahFoto: iStock

Untuk makanan yang mengandung protein hewani atau nabati sama saja proses pemanasannya. Lumerkan makanan terlebih dulu dengan menurunkan makanan dari freezer ke dalam kulkas bagian bawah beberapa jam sebelum diberikan.

Lumerkan makanan dengan merendam dalam wadah berisi air panas atau bisa juga dengan dikukus menggunakan steamer atau pemanas elektrik.

Jangan menyimpan kembali sisa makanan yang tidak habis dikonsumsi si kecil. Dan jangan meninggalkan makanan lebih dari 1 jam.

Baca juga: Makanan Sehat Andien dan Atiqah yang Siapkan MPASI untuk Salma (lus/odi)