Makanan Sehat Anak

5 Pilihan Menu Ini Bakal Bikin si Kecil Melahap Sarapannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 04:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Tiap pagi sebaiknya anak tak melewatkan sarapan. Supaya ia tertarik melahapnya, coba bikin omelet Italia atau mini pizza praktis berbahan roti.

Ada banyak menu yang cocok disajikan untuk si kecil saat sarapan. Sebaiknya tetap perhatikan pilihan menu dan penyajiannya agar mereka tetap tertarik. Telur, misalnya, bisa dibuat berbeda dengan omelet gaya Italia alias frittata. Ada juga pizza berbahan roti tawar yang mudah dibuat.

1. Pancake buah

Lebih Menarik Selera, 5 Menu Ini Cocok untuk Sarapan Si KecilFoto: iStock

Tak melulu roti tawar atau kue basah, sesekali sajikan pancake untuk si kecil. Membuatnya juga mudah karena bisa memanfaatkan tepung pancake instan di pasaran. Kalau mau buat sendiri, ada ide resep pancake gandum yang tinggi serat. Makin enak saat Makin menggugah selera saat ditambahkan topping keju atau buah favorit si kecil.

Manfaatkan imajinasi dan kreativitas saat menyajikan pancake untuknya di pagi hari. Selain pancake biasa, pancake fluffy gaya Jepang juga bisa jadi ide menarik selera.

2. Omelet gaya Italia

Lebih Menarik Selera, 5 Menu Ini Cocok untuk Sarapan Si KecilFoto: iStock

Si kecil doyan telur? Sajian omelet gaya Italia alias frittata wajib Anda buat. BEntuknya mirip telur dadar biasa, hanya saja dengan isian beragam. Anda bisa menambahkan jamur, bayam, kentang, ikan salmon, daging ayam, sosis, hingga kornet. Jangan lupa sertakan sayuran seperti paprika dan bawang bombay. Masak frittata di atas wajan dengan sedikit minyak atau panggang di oven.

Pastikan juga memasak semua isian frittata terlebih dahulu. Daging, ayam, dan sayuran perlu ditumis sebelum dimatangkan bersama frittata. Resep Salmon Frittata dari detikFood bisa jadi inspirasi.

3. Mie kocok telur

Lebih Menarik Selera, 5 Menu Ini Cocok untuk Sarapan Si KecilFoto: dok. detikFood

Menu ini juga pasti disukai si kecil, terlebih saat cuaca dingin seperti sekarang. Alih-alih membuat mie instan biasa, coba buatkan sendiri sajian mie di rumah. Dijamin lebih menyehatkan dan terjamin kebersihannya.

Mie kocok telur dibuat dari mie telur yang direbus bersama kuah kaldu ayam. Ada juga tambahan nutrisi dari isian telur, wortel, dan daging ayam cincang. Sajikan selagi hangat sebelum anak berangkat sekolah agar ia mendapat asupan energi maksimal. Kalau mau membuatnya, contek saja resep detikFood ini.

4. Finger food

Lebih Menarik Selera, 5 Menu Ini Cocok untuk Sarapan Si KecilFoto: iStock

Yang juga praktis dan pasti dimakan lahap oleh si kecil adalah camilan gurih favoritnya. Ada sosis goreng, chicken nugget, hingga kentang goreng. Alih-alih menyajikannya terpisah, Anda bisa menggabungkannya bersama-sama dalam satu wadah. Jangan lupa tambahan cocolan saus tomat, saus cabe, atau mayonnaise. Untuk asupan sayur, mixed vegetables yang sudah direbus pas disandingkan dengan finger food ini.

5. Mini pizza

Lebih Menarik Selera, 5 Menu Ini Cocok untuk Sarapan Si KecilFoto: iStock

Siapa bilang membuat pizza sulit? Anda bisa memanfaatkan roti tawar sebagai bahan utamanya. Jangan lupa topping seperti sosis, saus tomat, jagung pipil, dan keju mozzarella parut. Membuatnya mudah, cukup cetak roti dalam bentuk bundar. Olesi tiap permukaannya dengan saus tomat lalu taruh topping dengan hiasan menyerupai muka orang tersenyum. Resep lengkapnya ada di bawah ini.

Baca Juga: Yuk, Ajak Anak Bikin Mini Pizza Berbahan Roti yang Praktis!

(adr/adr)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak