Canggih! Game Pada Smartphone Ini Bikin Anak-anak Mau Makan Sayuran

Devi Setya - detikFood Senin, 06 Agu 2018 12:03 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau punya anak yang susah makan sayuran, kini ada solusinya. Sebuah game pada smartphone sengaja dibuat agar anak-anak mau makan lebih banyak sayuran.

Bukan hal baru jika anak-anak susah mengonsumsi sayuran. Padahal kandungan nutrisi pada sayuran sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Dilansir dari Daily Mail (6/8) para ibu tampaknya punya solusi baru untuk membuat anak-anak mau makan sayuran. Bukan menyembunyikan sayuran pada makanan favoritnya tapi dengan mengandalkan aplikasi game pada smartphone.
Canggih! Game Pada Smartphone Ini Bikin Anak-anak Mau Makan Sayuran Foto: Istimewa
Baca juga : Si Kecil Susah Makan Sayur? Ikuti Tips dan Trik dari Chef Ini

Para peneliti di Universitas Aston dan Universitas De Montfort berhasil mengembangkan program baru hasil kerja sama dengan British Psychological Society. Aplikasi game ini bernama Vegetable Maths Masters. Dengan game ini, anak-anak usia 3 hingga 7 tahun ditargetkan bisa lebih menyukai makan sayuran.

Untuk menjalankan aplikasi ini, anak-anak diharuskan memilih karakter terlebih dulu. Kemudian karakter ini harus diberi makan sepuluh jenis sayuran sepanjang permainan. Karakter ini akan terlihat senang dan bersemangat ketika anak-anak memberi makan sayuran.

Dikatakan para ahli, alur permainan ini memperkuat reaksi positif di otak anak-anak tentang sayuran. Dampaknya, anak-anak akan lebih senang menyantap sayuran pada menu makanannya.

Targetnya, dengan game ini diharapkan bisa membuat anak-anak lebih banyak makan sayuran, sesuai anjuran pemerintah yakni mengonsumsi lima porsi sayuran dan buah per hari.

Dr. Claire Farrow dari Aston University mengatakan, "Kami telah mengembangkan sebuah aplikasi yang mengacu pada penelitian psikologis untuk mengintegrasikan berbagai metode untuk meningkatkan minat anak pada sayuran."
Canggih! Game Pada Smartphone Ini Bikin Anak-anak Mau Makan Sayuran Foto: Istimewa
Baca juga : Jika Diperkenalkan Lebih Sering, Anak Lebih Doyan Sayuran

Profesor Emerita Carol McGuiness, Ketua Dewan Pendidikan dan Keterlibatan Publik Masyarakat Psikologis Inggris mengatakan, "The British Psychological Society menyambut peluncuran game Vegetable Maths Master."

Game pada smartphone ini diharapkan bisa jadi pilihan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Penggabungan antara sisi psikologis dan keterampilan berhitung yang berdampak pada pola makan sehat. (dvs/odi)