Si Kecil Sedang Flu dan Tak Nafsu Makan? 4 Minuman Sehat Ini Bisa Diberikan!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Feb 2018 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat sedang flu, biasanya si kecil juga tak selera makan. Agar badannya tak lemas dan tetap terhidrasi, 4 makanan ini bisa diberikan.

Pergantian musim memicu munculnya flu. Tubuh diserang demam disertai pilek dan batuk. Pada kondisi ini, si kecil jadi malas makan dan selera makan menurun akibat rasa makanan terasa hambar dan hidung tersumbat.

Untuk mencegah si kecil lemas dan dehidrasi, sebaiknya bunda berikan beberapa jenis minuman manis seperti berikut ini.

Baca juga: Saat Sedang Demam dan Flu Kok Ngga Selera Makan Ya? Ini Sebabnya!

1. Jus jeruk

Si Kecil Sedang Flu dan Tak Nafsu Makan? 4 Minuman Sehat Ini Bisa Diberikan!Foto: iStock

Jus jeruk mengandung tinggi vitamin C. Selain itu, minuman ini juga mengandung antioksidan yang dapat membuang kotoran dari tubuh. Hindari jus dalam kemasan seperti yang dijual di supermarket karena kandungan gulanya tinggi. Peras sendiri jeruk segar agar mendapat hasil yang alami. Dengan rasa manis yang pas, tentu si kecil akan menyukainya.

Selain jeruk, vitamin C juga banyak terdapat pada buah-buahan dan juga sayuran. Vitamin C dapat mempercepat redakan flu. Jeruk, strawberry, kiwi, pepaya mengandung vitamin C yang bisa diberikan pada anak.

2. Air kelapa

Si Kecil Sedang Flu dan Tak Nafsu Makan? 4 Minuman Sehat Ini Bisa Diberikan!Foto: iStock

Air kelapa berisi elektrolit yang dapat membantu jika kita dehidrasi dan membutuhkan cairan, seperti ketika sakit flu. Air kelapa juga mudah didapatkan dan tak mengandung tambahan gula dibanding minuman berenergi atau jus yang dijual di toko-toko. Jika si kecil tak terlalu suka, Anda bisa mencampurkan air kelapa ke dalam campuran smoothies atau jus buah segar.

3. Susu

Si Kecil Sedang Flu dan Tak Nafsu Makan? 4 Minuman Sehat Ini Bisa Diberikan!Foto: Istock

Susu tidak akan menyebabkan penumpukan lendir. Minuman ini justru mengandung protein, lemak dan kalsium yang dapat menjaga sistem imunitas si kecil. Susu yang dibuat hangat dan diminum bisa membantu ringankan gejala flu dan membuat si kecil tetap terhidrasi dan cegah kehilangan kalori berlebihan.

4. Air putih

Si Kecil Sedang Flu dan Tak Nafsu Makan? 4 Minuman Sehat Ini Bisa Diberikan!Foto: iStock

Air adalah minuman nomor satu yang disarankan dokter untuk menyembuhkan flu. Hidrasi secara terus-menerus membantu sistem kekebalan tubuh yang bekerja keras saat kita sakit. Jika si kecil sedang alami flu, pastikan ia konsumsi air putih dalam jumlah yang tercukupi.

Baca juga: Saat Anak Malas Makan Karena Flu, Buatkan Saja 5 Sup Enak Kaya Nutrisi Ini

(lus/odi)