Saat Sedang Demam dan Flu Kok Ngga Selera Makan Ya? Ini Sebabnya!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 16 Jan 2018 15:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pilek dan demam biasanya disertai nafsu makan menurun. Semua makanan terasa hambar dan tak menarik selera. Ternyata ini penyebabnya!

Pergantian musim memicu munculnya wabah flu. Tubuh demam, disertai pilek dan batuk umum dialami orang. Pada kondisi tersebut orang jadi malas makan, selera makan menurun karena semua makanan hambar.

Rupanya kondisi tersebut bisa disebabkan saat sedang demam atau pilek lidah cenderung memberitahu jika rasa makanan yang dimakan hambar. Padahal aslinya tidak. Ternyata ini berhubungan dengan hidung dan mulut.

Dilansir Food NDTV (15/1), indra penciuman dan indra perasalah yang menentukan rasa makanan. Aroma makanan sangat mempengaruhi rasa dan selera makan. Saat sedang pilek atau hidung tersumbat, Anda akan sulit membedakan rasa makanan.

Saat Sedang Demam dan Flu Kok Ngga Selera Makan Ya? Ini Sebabnya!Foto: Getty Images
Baca Juga: Siapkan Stok Makanan Ini Saat Musim Hujan

Rupanya iniah penyebabnya. Saat mengunyah, aroma makanan yang ada di dalam mulut masuk ke hidung. Ada sel rambut yang membawa informasi soal rasa ke otak. Nah, saat Anda sedang pilek, lendir yang ada di hidung menyulitkan hidung mencium aroma makanan yang dikunyah. Sehingga otak tidak mendapat informasi soal rasa. Jadi, makanan yang Anda makan tadi akan terasa hambar.

Tetapi tak ada hubungan dengan suhu makanan. Indera pengecap membantu kita menentukan makanan itu panas atau dingin. Flu memblokir hidung dan daya penciuman, tetapi kemampuan merasakan makanan tidak terpengaruh.

Saat Sedang Demam dan Flu Kok Ngga Selera Makan Ya? Ini Sebabnya!Foto: Thinkstock
Demam juga bisa mengubah cara kita merasakan makanan. Saat demam, suhu tubuh akan meningkat sehingga mempengaruhi rongga mulut. Cairan tubuh akan berkurang saat demam. Hal ini menyebabkan dehidrasi. Saat dehidrasi, produksi liur akan menurun. Mulut yang kering juga bisa mengubah rasa makanan yang Anda makan.

Saat itu, nafsu makan akan turun. Alasannya karena rasa makanan yang hambar sehingga nafsu makan turun. Salah satu solusinya, pebanyaklah konsumsi air dan makanan mengandung vitamin C.

Tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jaga kesehatan tubuh Anda selama musim hujan ini. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Redakan Demam Hingga Flu, Ini Khasiat 9 Minum Teh Serai (1) (dwa/odi)