Agar Tak Kehilangan Nutrisi, Olah Makanan si Kecil dengan 4 Cara Ini Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 08 Des 2017 09:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengolah makanan untuk si kecil tak boleh sembarangan. Penggunaan minyak hingga teknik merebus perlu diperhatikan agar nutrisi makanan anak tetap optimal.

Protein hewani menjadi salah satu sumber makanan yang baik diberikan pada anak. Akan tetapi jika Anda mengolahnya dengan cara salah, protein yang ada di dalamnya bisa saja berkurang. Padahal, di masa pertumbuhannya anak-anak membutuhkan makanan yang bergizi.

Sebelum memasak makanan untuk si kecil, Bunda sebaiknya ketahui dulu beberapa hal penting ini.

Baca juga: 8 Cara Masak Populer Ini Pengaruhi Kandungan Nutrisi Makanan (2)

1. Hindari menggoreng dengan suhu tinggi

Agar Tak Kehilangan Nutrisi, Olah Makanan si Kecil dengan 4 Cara Ini Ya!Foto: iStock

Menggoreng bahan makanan dengan suhu yang tinggi dapat memutus rantai protein. Hal ini bisa membuat asupan protein si kecil berkurang. Para ahli banyak menyarankan untuk memasak bahan makanan berprotein dengan cara ditumis atau dipanggang.

Tak hanya itu, beberapa ibu juga sering menggunakan minyak zaitun atau pun minyak jagung dengan alasan lebih sehat. Padahal, jika dipanaskan dengan suhu sekitar 200 derajat celcius sama saja bisa rusak jika dipanaskan. Sehingga untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sawit saja.

Akan tetapi, jika ingin memberikan minyak zaitun atau minyak jagung, Anda bisa memberikannya setelah makanan matang. Agar kandungan gizi yang ada di dalamnya tetap utuh.

2. Mencuci sayuran

Agar Tak Kehilangan Nutrisi, Olah Makanan si Kecil dengan 4 Cara Ini Ya!Foto: iStock

Sebaiknya cucilah sayuran sebelum mengupasnya. Karena setelah dipotong maka mineral dan nutrisi lainnya akan terbuang bersama air yang mengalir. Terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin B dan C yang larut dalam air.

3. Hindari merebus sayuran terlalu lama

Agar Tak Kehilangan Nutrisi, Olah Makanan si Kecil dengan 4 Cara Ini Ya!Foto: iStock

Selain menggoreng dengan minyak banyak, merebus sayuran terlalu lama sampai benar-benar matang juga bisa mengurangi kandungan gizi. Jika terlalu lama merebus, vitamin B dan C akan larut di dalam air dan kalau terbuang tentu sayang.

Jika ingin merebus sayuran, sebaiknya gunakan air sedikit dan rebus hingga mendidih. Setelah itu barulah masukkan sayuran dan rebus jangan terlalu lama. Hanya sekitar 1-2 menit saja.

4. Dibuat sup

Agar Tak Kehilangan Nutrisi, Olah Makanan si Kecil dengan 4 Cara Ini Ya!Foto: iStock

Sup jadi salah satu masakan yang tinggi nutrisi. Ini dikarenakan sayuran dan daging berpadu menjadi satu dan kuahnya juga dinikmati. Untuk si kecil, tentu sup jadi pilihan yang tepat. Ketika menikmati potongan sayuran si kecil akan mendapatkan serat, namun ketika menyeruput kuahnya ia akan mendapatkan vitamin dan mineral yang larut di dalam air.

Baca juga: Agar Anak Mau Melahap Makanannya, Ini 7 Trik yang Bisa Anda Lakukan (lus/lus)