Selain Jauhi Gadget dari Anak, 5 Makanan Ini Juga Bisa Sehatkan Mata Si Kecil

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 16 Nov 2017 13:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Seringnya melihat gadget, membuat anak berisiko alami kerusakan mata. Konsumsi 5 makanan ini bisa bantu si kecil sehatkan matanya!

Konsumsi makanan sehat berperan sangat penting dalam ketajaman penglihatan. Mata anak membutuhkan sejumlah nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan konsumsi makanan ini, anak akan terjaga kesehatan matanya hingga dewasa nanti. Untuk itu, sebaiknya hindari anak agar tak selalu manatap layar gadget terus menerus agar mata dapat beristirahat.

Untuk itu, Anda dapat memberikan beberapa makanan ini agar si kecil tetap sehat dan tumbuh cerdas.

Baca juga: Berikan Brokoli dan Telur Secara Rutin agar Mata Anak Jernih dan Sehat

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kale mengandung vitamin A, C, B12 dan juga klasium. Sayuran ini juga dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Berikan bayam dengan memasukkannya ke dalam sandwich atau campurkan ke dalam smoothies, tambahkan brokoli atau sayuran hijau lain ke dalam salad atau sup. Anda juga harus memastikan tidak memasak sayuran terlalu lama agar kandungan nutrisinya tak berkurang.

Ragam sayuran enak yang bisa sehatkan mata.Ragam sayuran enak yang bisa sehatkan mata. Foto: iStock

2. Sayuran berwarna

Ada banyak sayuran lain yang dapat membantu perkuat otot mata si kecil. Misalnya, wortel yang mengandung beta karoten, senyawa ini sangat baik untuk retina dan memberikan perlindungan mata dari sinar matahari. Agar si kecil mau memakannya, masukkan wortel ke dalam salad, pasta atau sup. Selain wortel, ubi jalar juga mengandung beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Anda dapat membuat ubi goreng atau membuatnya menjadi bola-bola ubi.

Dan kandungan capsicum yang ada dalam paprika mengandung banyak vitamin dan terbukti baik juga untuk penglihatan.

3. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega tiga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan retina si kecil. Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kekuatan otak, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan otot mata untuk penglihatan yang lebih baik. Cobalah untuk menambahkan salmon, tuna dan ikan cod dalam diet anak.

Anda dapat memasukkannya dalam sandwich atau menyajikannya dengan saus gurih.

Ragam kacang-kacangan yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan mata anak.Ragam kacang-kacangan yang mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan mata anak. Foto: Getty Images

4. Kacang-kacangan

Kacang almond, kacang tanah dan kacang mete diketahui juga mengandung asam lemak omega 3 akan tetapi tidak sebanyak ikan. Kacang-kacangan juga mengandung protein dan vitamin E. Vitamin E yang berkolaborasi dengan asam lemak daoat membantu kurangi mata kering dan juga penyakit yang berkaitan dengan mata dikemudian hari. Makanlah segenggam kacang di pagi hari atau bekali si kecil dengan kacang kesukaannya saat sekolah.

5. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein dikenal dapat memperbaiki penglihatan pada anak-anak. Buah ini juga dapat mencegah katarak dan penyakit mata lainnya. Buah alpukat tumbuh yang dimasukkan dalam sandwich bisa jadi pilihan. Atau bisa juga Anda campuekan ke dalam adonan puding atau dibuat jus.

Buah alpukat yang mengandung lutein baik untuk sehatan mata anak.Buah alpukat yang mengandung lutein baik untuk sehatan mata anak. Foto: The Avocado Show

6. Sumber lainnya

Selain kelima makanan di atas, ada juga makanan lain yang bisa membantu sehatkan mata si kecil. Telur mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi mata dan juga meregenerasi sel tubuh. Bawang putih juga disebut dapat membantu melindungi mata terhadap penyakit katarak dan melindungi lensa mata. Begitu juga dengan segelas jus jeruk dan biji-bijian yang baik untuk mata.

Baca juga: Padukan Telur dengan Sayur Untuk Tingkatkan Kecerdasan dan Sehatkan Mata Anak (lus/lus)