Padukan Telur dengan Sayur Untuk Tingkatkan Kecerdasan dan Sehatkan Mata Anak

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 29 Jan 2016 19:35 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Telur tak hanya digoreng. Tapi juga enak dicampur dengan sayuran ataupun bahan makanan lainnya. Selain rasanya gurih dan murah, telur juga punya banyak manfaat untuk si kecil.

Telur merupakan jenis protein yang lebih mudah dicerna anak dibandingkan dengan jenis protein lainnya. Telur akan semakin bertambah manfaatnya jika dipadukan dengan sayuran seperti wortel, brokoli dan bayam. Inilah beberapa manfaat yang dihasilkan dari kombinasi telur dan sayuran.

1. Perkembangan otak
Telur mengandung kolin yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi. Satu butir telur mengandung sekitar 100 mikrogram kolin. Anda dapat mengolah telur dengan tambahan sayur-sayuran agar penyerapan di dalam tubuh semakin sempurna sekaligus lancarkan pencernaan.

Foto: Thinkstock

2. Kaya omega 3
Telur mengandung omega 3 yang membantu dalam perkembangan kognitif anak. Ini merupakan lemak sehat dan juga dapat membantu cegah arthritis. Selain kandungan omega 3 telur semakin lengkap manfaatnya jika dibuat menjadi scramble egg dengan mencampurkan cincangan sayuran, susu dan juga bumbu.

3. Kesehatan mata
Telur merupakan sumber Zeaxanthin dan Lutein yang sangat diperlukan untuk mata bayi. Selain itu, cincangan sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, bayam hingga brokoli bisa ditambahkan ke dalam telur agar nutrisinya semakin optimal. Sajian ini bisa Anda berikan untuk si kecil yang sudah mulai bisa mengonsumsi makanan padat.

Foto: Thinkstock

4. Kaya akan vitamin
Telur mengandung vitamin D yang dapat membantu tulang anak lebih sehat. Sedangkan sayuran mengandung Vitamin A,E,C dan K. Kombinasi telur dan sayur memberikan semua vitamin esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

5. Mengandung asam folat
Kekurangan asam folat dalam tubuh dapat sebabkan masalah kelelahan, anemia hingga kerusakan saraf. Telur dan sayuran mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi si kecil agar tetap sehat dan semangat serta selalu memiliki konsentrasi yang baik di sekolah.

Foto: Thinkstock

6. Olahan telur dan sayur
Jika anak bosan dengan olahan kocokan telur, bumbu dan sayuran. Anda bisa mengolahnya dengan campuran salmon menjadi Salmon Fritata atau Fritata Mie Sayuran.

(lus/odi)