Hati-hati! 5 Makanan Ini Tak Baik Diberikan Pada si Kecil

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 14 Nov 2017 17:16 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat si kecil mulai belajar makan, tak semua jenis makanan bisa diberikan. Bahkan ada beberapa makanan dan minuman sehat yang ternyata tak baik diberikan pada anak.

Setelah selesai masa ASI, anak-anak membutuhkan makanan sehat yang bisa menunjang kesehatan tubuhnya. Diusia 1.000 Hari Pertama Kehidupan inilah yang menentukan untuk mencetak anak yang cerdas dan sehat. Untuk itu, sebaiknya pastikan makanan yang diasup si kecil baik dan mengikuti anjuran gizi seimbang.

Selain memberikan makanan sehat, jangan lupa untuk hindarkan si kecil dari beberapa makanan ini.

Baca juga: Madu dan Salad Buah Cegah Anak Terserang Flu dan Batuk

1. Madu

Madu adalah sumber gula alami yang baik untuk anak. Akan tetapi madu bisa saja sebabkan keracunan pada si kecil karena mengandung botulisme. Ketika usianya masih di bawah satu tahun, sebaiknya jangan memberikan madu pada anak. Untuk menambahkan rasa manis ke makanannya, sebaiknya tambahkan saja buah alami seperti saus apel dan pisang tumbuk.

Madu dan permen yang sebaiknya jangan diberikan pada anak.Permen yang tinggi gula sebaiknya jangan diberikan pada anak. Foto: ilustrasi/thinkstock

2. Permen

Permen dengan bentuk unik dan rasa yang manis jangan dulu diberikan pada anak yang masih kecil. Permen juga sering kali dijadikan sebagai hadiah untuk anak, padahal makanan ini tinggi gula dan tak baik bagi kesehatan. Ketika diperkenalkan permen sejak dini, dapat membuat si kecil ketagihan dan nantinya dapat membuat gigi barunya rusak.

Jadi sebaiknya pilih makanan lain yang lebih sehat atau berikan hadiah lain selain permen. Daripada permen, si kecil lebih baik diberikan susu atau keju untuk memperkuat tulang dan gigi.

3. Sereal
Beberapa orang tua mungkin sudah mengenalkan sereal pada anak. Padahal sereal mengandung gula dan tinggi natrium. Lebih baik buatkan si kecil sarapan sehat seperti bubur buatan sendiri dengan paduan sayuran dan buah-buahan. Jika umur si kecil masih di bawah satu tahun, sebaiknya hindari penambahan garam berlebih. Anda bisa mengganti tomat atau bumbu lain agar rasa masakan makin enak.

Fast food juga mengandung pengawet yang sebaiknya tak diberikan pada anak.Fast food juga mengandung pengawet yang sebaiknya tak diberikan pada anak. Foto: Istimewa

4. Makanan siap saji

Makanan siap saji dikenal tinggi akan natrium dan juga lemak. Bahkan makanan siap saji atau fast food disebut juga mengandung bahan pengawet yang berbahaya tidak hanya untuk dewasa tapi juga bayi dan balita. Daripada membeli makanan siap saji, cobalah cari resep mudah untuk dibuat di rumah dengan bahan makanan sehat.

5. Teh dan kopi

Kedua minuman ini mengandung kafein dan tanin. Tanin yang terkandung dalam teh bisa menyebabkan malabsorpsi zat besi. Pilihlah ASI untuk anak usia 0-6 bulan dan berikan susu formula saat usianya sudah lebih dari 6 bulan. Air kelapa dan jus dari buah asli juga bisa dipadukan untuk variasi minuman anak.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Membuat Anak-anak Jepang Suka Makanan Sehat (lus/lus)
Load Komentar ...