Madu dan Salad Buah Cegah Anak Terserang Flu dan Batuk

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 15 Des 2015 15:07 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Jika anak mulai mengeluh suaranya serak, bisa jadi itu​ gejala flu dan batuk. Sebelum memberikan obat, Anda dapat memberikan bahan makanan alami untuk atasi penyakit ini.

Suhu yang dingin dan sistem kebalan tubuh yang turun bisa mempercepat anak mudah terserang flu dan batuk. Untuk itu, berikan beberapa bahan makanan ini dan olah menjadi sajian menarik agar si kecil tetap sehat dan terhindar dari masalah flu dan batuk.

1. Sup Jamur
Sup yang hangat bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala flu. Hal ini dikarenakan sup dapat mensekresi lendir yang ada di hidung, paru-paru dan tengorokan. Penambahan mi, daging ayam dan jamur serta sayuran lainnya bisa membantu tingkatkan energi dan membantu proses penyembuhan.

Foto: Thinkstock

Disarankan saat membuat sup, Anda juga dapat mencampurkan jamur. Button, crimini atau shitake merupakan jamur yang mengandung beta glucan. Senyawa ini yang dapat "mengaktifkan" sistem imun dan mencegah infeksi. Jamur juga kaya akan vitamin, polifenol, sterol dan juga zinc.

2. Yoghurt
Produk olahan susu ini mengandung probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem imunitas. Sekitar 80 persen sistem imunitas berasal dari pencernaan. Sehingga konsumsi probiotik dapat membantu sehatkan pencernaan. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri jahat. Mereka juga melawan penyakit yang dengan meningkatkan jumlah sel untuk melawan virus.

Tak semua anak menyukai yoghurt. Tapi, Anda dapat mencampurkan yoghurt dengan buah strawberry, pisang dan susu agar lebih enak dan disukai anak-anak.

Foto: Thinkstock

3. Salad buah
Campuran perpaduan antara buah-buahan yang mengandung vitamin C bisa membantu cegah flu dan juga batuk. Studi menunjukkan, mengonsumsi tiga cangkir buah-buahan tinggi vitamin C seperti strawberry, jeruk, tomat dan kiwi.

Seperti halnya buah kiwi yang berwarna hijau ini tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin C dan E. Buah ini tidak hanya dapat mencegah tapi juga dapat membantu proses penyembuhan. Karena vitamin C akan meningkatkan produksi antibodi dan sel darah putih yang membantu lawan indeksi. Sedangkan vitamin E diperlukan untuk produksi immunoglobulin.

4. Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya berfungsi untuk membumbui masakan, tapi juga sebagai antibiotik. Bawang putih mengandung sulfur sehingga bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh.Untuk orang dewasa mungkin bawang putih bisa saja langsung dikunyah. Akan tetapi untuk beberapa anak, rasanya akan sangat mengganggu. Anda dapat mencampurkan bawang putih cincang pada roti panggangnya dengan campuran minyak zaitun.

Foto: Thinkstock

5. Madu
Madu asli yang berasal dari sarang lebah sangat baik untuk atasi sakit tenggorokan pada anak. Satu sendok makan madu dapat ringankan sakit tenggorokan. Berikan madu saat usia anak sudah 1 tahun ke atas untuk mencegah terjadinya risiko botulisme pada bayi.

6. Teh
Masyarakat China sudah mempercayai kesehatan teh hijau sejak ratusan tahun yang lalu. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat tingkatkan sistem imun. Teh hijau hangat tidak hanya dapat meredakan batuk, tapi juga ringankan gejala flu. Teh hijau bisa menjaga kekebalan tubuh karena tinggi akan antioksidan.

(lus/odi)