Para Ibu, Ini Loh 8 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Anak Menyukai Makanan Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 20 Okt 2017 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semua orang tua ingin anaknya menyukai makanan sehat. Tapi hal ini tidaklah mudah, terutama bagi si kecil yang 'picky eater'. Para ibu, bisa lakukan 8 hal sederhana ini.

Hampir semua anak-anak tidak mengetahui apa itu makanan sehat. Mereka lebih menyukai makanan yang memiliki rasa gurih, manis dengan tampilan yang menggiurkan. Padahal ketika anak-anak selalu mengonsumsi makanan sehat, perkembangan dan pertumbuhannya akan meningkat secara optimal yang nantinya bisa mempengaruhi kecerdasan dan kesehatannya.

Dikutip dalam Brit + Co (02/10) Barbara Ruhs, RD selaku ahli gizi dari Avocados dari Meksiko menjelaskan tentang apa yang anak-anak butuhkan. Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana membuat anak makan dengan cara yang sehat seperti 8 hal ini.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Membuat Anak-anak Jepang Suka Makanan Sehat

1. Konsumsi makanan tinggi protein

Protein sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan memperbaiki sel tubuh dan memberi energi. Sumber protein ada dalam daging, ayam dan ikan. Selain ketiga makanan ini, protein juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Ruhs menyarankan untuk mencoba pengalaman dengan panca indra.

Berilah anak kacang yang empuk dan biarkan mereka bereksplorasi. Tentunya tetap perhatikan si kecil karena kacang bisa saja membuat anak tersedak. Anda juga bisa menumbuknya atau menggilingnya dan taruh di depan si kecil. Bagi si kecil yang baru dikenalkan MPASI bisa membantu pengenalan makanan yang lebih menyenangkan.

Yogurt dengan campuran buah bisa jadi pengganti susu saat anak bosan.Yogurt dengan campuran buah bisa jadi pengganti susu saat anak bosan. Foto: iStock

2. Vitamin D dalam produk susu

Susu jadi salah satu makanan yang tinggi akan vitamin D. Vitamin D dalam susu dapat membantu sistem kekebalan tubuh si kecil dan protein didalamnya juga bisa menunjang regenerasi sel. Jika si kecil tidak menyukai susu, cobalah memberikan makanan lain yang juga mengandung vitamin D.

Ruhs mencontohkan untuk mencampurkan yoghurt dengan saus apel untuk anak-anak yang menyukai buah.

3. Coba, dan coba lagi

Menurut Ruhs, dibutuhkan waktu yang lama untuk mulai menerima makanan baru. Hanya karena si kecil tak suka dengan brokoli yang Anda tawarkan lalu menyerah. Balita dan anak-anak prasekolah sedang berada dalam tahap dimana mereka mungkin melawan makanan yang diberikan ketika mereka tak menyukainya. Jika Anda menyerah, tentu si kecil akan selamanya tak menyukai ini.

Terus coba makanan baru ini. Jika Anda telah memberikannya sebanyak 12 kali dan masih menolak. Baru bisa cobakan pilihan sayuran lain.

Dibandingkan dengan susu kental manis, roti juga bisa dicampur dengan buah alpukat.Dibandingkan dengan susu kental manis, roti juga bisa dicampur dengan buah alpukat dan telur. Foto: Istimewa

4. Padukan makanan

Memadukan makanan yang Anda sukai dengan makanan sehat bisa jadi pilihan. Misalnya, si kecil menyukai roti panggang dengan selai cokelat. Cobalah sesekali berikan si kecil pilihan makanan yang lebih sehat dengan roti gandum dengan paduan alpukat atau telur.

5. Jangan lakukan kebiasaan ini

Perut anak masih kecil. Jika Anda terbiasa memberikan minum sebelum makan, si kecil mungkin akan menolak makanannya. Jus atau susu sebaiknya tidak diberikan ketika si kecil tak sempat makan. Susu bukan jadi pengganti makanan utama dan jangan diberi sebelum waktu makan si kecil.

Buah alpukat mengandung lemak sehat dan baik untuk kesehatan si kecil.Buah alpukat mengandung lemak sehat dan baik untuk kesehatan si kecil. Foto: iStock

6. Pilih lemak sehat

Lemak sehat bisa menunjang kesehatan perkembangan otak. Lemak sehat bisa didapatkan dari alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan. Cheeseburger atau fast food mengandung lemak yang tidak sehat untuk si kecil.

7. Anak-anak lain bisa mempengaruhi

Jika anak Anda adalah seseorang yang tak suka dengan sayuran tapi sepupunya yang lebih besar menyukai bayam Anda bisa lakukan ini. Sandingkan kedua anak tersebut di meja makan dan berikan mereka makanan sehat seperti bayam. Ruhs mencatat bahwa anak-anak lain dapat meberikan dampak besar dalam mencoba makanan baru.

Para Ibu, Ini Loh 8 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Anak Menyukai Makanan SehatSi kecil bisa bermain dengan makanan. Foto: Istimewa

8. Makan sambil bermain

Makan tidak harus membosankan! Ruhs menyarankan agar orang tua mencoba beberapa metode lain dengan mendorong anak untuk mencoba maknan baru. Misalnya, mintalah anak Anda untuk mencoba tiga makanan hijau di piringnya atau tiga makanan dengan buah di dalamnya. Si kecil akan merasa bermain tetapi sambil mencoba makanan.

Baca juga: Berikan 6 Makanan Ini Secara Rutin agar Si Kecil Sehat dan Pintar (lus/odi)
Load Komentar ...