Ikuti 4 Tips Kreatif untuk Sajikan Makan Buat Anak 'Picky Eater'

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 24 Mar 2016 13:36 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat pertumbuhan otaknya sedang optimal, anak butuh konsumsi makanan yang bergizi. Tapi, kebanyakan mereka menolak untuk konsumsi makanan sehat. Jangan pusing dulu, 4 tips ini bisa membantu Anda.

Dalam sekali makan, anak-anak membutuhkan karbohidrat, protein, lemak dan juga serat. Selain itu beberapa vitamin dan mineral juga harus dikonsumsi setiap harinya. Agar anak tak rewel, Anda dapat menyiasati pemberian makanan sehat dengan cara mudah ini yang dilansir dalam Parent Herald (07/03).


1. Tawarkan makanan yang sama
Dina Rose, Ph.D., seorang sosiolog, parent educator dan ahli makanan di New Jersey mengatakan, Anda harus menawarkan makanan yang sama. Akan tetapi pemberian makanan yang sama ini tidak boleh diulangi dalam hari yang sama atau dua hari berturut-turut. Dina menyebutkan, pengenalan makanan ini sebagai "aturan rotasi" dengan menyelingi makanan kesukaannya.

2. Biarkan ​mencicipi​ rasa dan aroma makanan
Anak-anak perlu paparan makanan baru sebelum ia akan menggigit. Biarkan ia membiasakan diri dengan makanan dengan berbicara tentang bentuk makanan, warna, rasa dan aroma. Hal ini juga penting untuk mengenalkan makanan baru bersama dengan makanan favoritnya.


3. Buat waktu makan menyenangkan
Melibatkan anak dalam proses persiapan makanan perlu dilakukan. Tak hanya memasak, dalam menyiapkan makanan anak juga perlu dilibatkan. Sebelum makan, Anda dapat menawarkan beberapa jenis makanan yang bisa mereka pilih. Kemudian Anda dan si kecil dapat menyajikan bahan-bahan tersebut menjadi makanan yang menarik. Misalnya saja sayur dan buah berbentuk Frozen ataupun hewan-hewan lucu.


4. Bicara tentang makanan lezat
Saat sedang makan, sebaiknya jangan menjelaskan bahwa brokoli atau wortel itu menyehatkan. Menurut sebuah penelitian, anak-anak akan lebih mengikutinya jika Anda berbicara mengenai makanan yang lezat. Tujuan Anda adalah membuat anak-anak tumbuh sehat dengan makan makanan yang tepat. Biarlah anak-anak memilih makanan yang mereka suka selama itu sehat. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com