Pak Man: Gurih Segar Soto Ayam Khas Semarang Favorit Para Pejabat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 07 Jun 2021 12:00 WIB
Pak Man: Gurih Segar Soto Ayam Khas Semarang Favorit Para Pejabat Foto: detikfood
Semarang -

Makanan khas Semarang bukan hanya lunpia, melainkan juga soto ayam Semarang. Kuahnya bening dengan rasa gurih segar yang bikin banyak pejabat ketagihan!

Menyambangi Semarang, kamu akan dimanjakan dengan beragam pilihan kuliner enak. Jika kamu penggemar soto, jangan lewatkan cicip soto ayam khas Semarang.

Berbeda dengan soto ayam dari daerah Jawa lain, soto ayam khas Semarang memiliki kuah bening. Penyajiannya dalam mangkuk porselen mungil yang sekilas mirip soto Kudus.

Soto ayam khas Semarang selalu menarik minat para pelancong karena soto ini enak dimakan saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Salah satu tempat jajan soto yang populer adalah Soto Ayam Khas Semarang Pak Man.

Langganan para pejabat

Erick Thohir dan Sri Mulyani Kompak Jajan Soto SemarangErick Thohir dan Sri Mulyani Kompak Jajan Soto Semarang Foto: Instagram @smindrawati & @erickthohir

Nama Soto Ayam Khas Semarang Pak Man mungkin tak asing di telinga banyak orang. Pasalnya tempat makan soto ini pernah didatangi orang nomor satu di Indonesia.

Tahun 2018, presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana menyambangi Soto Ayam Khas Semarang di pagi hari. Saat itu Jokowi memilih sarapan soto ayam dengan pelengkap sate dan tempe goreng.

Selain Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir juga pernah mencicipi nikmatnya soto ayam racikan Pak Man. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram keduanya pada akhir Maret 2021.

Erick Thohir mendeskripsikan soto ayam di sini memiliki porsi yang pas dan rasanya mantap. "Salah satu soto favorit dan langganan di Kota Semarang," tulisnya.

Sedangkan Sri Mulyani mengungkap soto ayam khas Semarang merupakan salah satu makanan favoritnya sejak kecil. "Soto (Semarang) ini khas sekali karena pernak-perniknya yang banyak dan enak, seperti perkedel, tempe, dan sate kerang," pujinya.

Baca Juga: Erick Thohir dan Sri Mulyani Kompak Jajan Soto Semarang

Racikan semangkuk soto ayam khas Semarang

Pak Man: Gurih Segar Soto Ayam Khas Semarang Favorit Para PejabatPak Man: Gurih Segar Soto Ayam Khas Semarang Favorit Para Pejabat Foto: detikfood

detikfood (5/4) tertarik membuktikan langsung kelezatan soto ayam racikan Pak Man. Kami mendatangi gerainya yang ada di Jalan Veteran 26, Semarang.

Bangunannya seperti rumah zaman dulu (jadul) dengan area bersantap yang luas. Begitu masuk, kami langsung disambut pikulan soto yang jadi ciri khasnya, berada di sisi kanan.

Di pikulan inilah, pegawai Soto Ayam Khas Semarang Pak Man meracik pesanan pengunjung. Terlihat ada dandang besar berisi kuah kaldu soto yang selalu dipanasi.

Mangkuk-mangkuk porselen berisi pelengkap soto berjejer di sampingnya. Isiannya ada suun, suwiran ayam kampung, irisan daun bawang dan seledri, serta bawang merah goreng.

Nantinya soto ayam ditambahkan sedikit garam, penyedap rasa, dan irisan tomat segar. Baru kemudian disiram kuah kaldu ayam kampung yang panas mengepul. Untuk nasinya, bisa pilih mau campur atau pisah.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com