Ke Semarang, Presiden Jokowi dan Iriana Pilih Sarapan Soto Pak Man

Devi Setya - detikFood Minggu, 15 Apr 2018 10:00 WIB
Foto: Foto Biro Setpres RI Foto: Foto Biro Setpres RI
Jakarta - Usai menyelesaikan kunjungan kerja ke Papua, Presiden Jokowi lanjut ke Semarang. Sebelum memulai kegiatannya, ia sarapan dulu di warung Soto Pak Man.

Kemarin pagi (14/4), Presiden Jokowi dan Iriana tiba di Semarang pagi hari. Sebelum memulai rangkaian aktivitas kunjungan kerjanya, Presiden menyempatkan menikmati semangkuk soto Pak Man yang memang terkenal sebagai salah satu makanan legendaris Semarang.

Baca juga : Kunjungan ke Semarang, Jokowi-Iriana Asyik Sarapan Soto Ayam
Ke Semarang, Presiden Jokowi dan Iriana Pilih Sarapan Soto Pak ManFoto: Foto Biro Setpres RI

Ditemani Menteri Sekertaris Negara, Pratikno dan Wakil Walikota Semarang, Havearita Rahayu, Presiden Jokowi dan Iriana terlihat menikmati menu sarapannya. Keempatnya langsung mendapat sambutan hangat dari pemilik rumah makan, Pak Sholeman.

Menu pilihan Presiden Jokowi adalah semangkuk soto ayam yang dinikmati bersama sate dan tempe goreng.

Soto Pak Man bisa dikategorikan sebagai kuliner legendaris karena kelezatannya sudah terkenal sejak lama. Orang yang datang ke Semarang akan kurang lengkap jika tidak mencicip gurihnya soto ini.

Meskipun di kota Semarang banyak versi soto ayam. Termasuk soto Kudus gaya Semarangan. Soto Pak Man dikenal dengan gagrak kuah bening plus taburan bawang putih goreng yang melimpah.
Ke Semarang, Presiden Jokowi dan Iriana Pilih Sarapan Soto Pak ManFoto: Foto Biro Setpres RI

Dalam seporsi soto berisi nasi, toge, suun, daging ayam suwir dan bawang goreng. Semuanya kemudian diguyur kaldu bening berbumbu gurih yang aromanya semerbak.

Yang unik soto ini seperti soto Kudus, disajikan dalam mangkuk porselin kecil. Bisa dipesan dengan nasi dicampurkan langsung atau dipisah dengan sotonya. Ada yang bilang porsi kecil ini porsi nanggung. Satu mangkuk kurang tapi kalau dua mangkuk kekenyangan.

Baca juga : Wisata Kuliner Soto Khas Semarang Buat Makan Siang

Semangkuk soto hangat ini paling enak disantap bersama deretan lauk pendamping yang sengaja disajikan di atas meja. Ada sate kerang, sate usus, sate telur puyuh, perkedel, tempe, keripik dan juga renyahnya kerupuk.
Ke Semarang, Presiden Jokowi dan Iriana Pilih Sarapan Soto Pak ManFoto: Foto Biro Setpres RI


Supaya makin mantap ada juga pelengkapnya mulai sambal, jeruk nipis dan kecap manis yang bisa ditambahkan sesuai selera. Soto ini cocok dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang bahkan hingga makan malam.

Soto Pak Man di Semarang sudah memiliki banyak cabang. Presiden Jokowi menyambangi cabang di Jalan Pamularsih Raya, Semarang. Usai makan, Presiden dan rombongan kembali ke hotel untuk bersiap melakukan agenda kerja berikutnya.


(lus/odi)