Ngiras Soto Semarang Pak Eko Blangkon yang Gurih Segar

Kristina - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 08:00 WIB
Soto Semarang Pak Eko Belangkon Foto: detikFood/Kristina
Sleman -

Soto memang jadi sarapan favorit bagi kebanyakan orang. Seperti soto ayam Pak Eko Blangkon yang tiap hari ramai dikunjungi orang sejak pagi hari.

Soto Pak Eko Blangkon yang berada di Jalan Stadion Maguwoharjo, Karangsari, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Sleman sudah ada sejak tahun 2012. Salah satu hal yang menarik dari soto satu ini adalah atribut yang dikenakan oleh para pelayan.

Selaras dengan namanya, semua pelayan adalah laki-laki dan mengenakan blangkon. Blangkon sendiri merupakan penutup kepala yang termasuk bagian dari pakaian adat Jawa. Biasanya dikenakan oleh kaum laki-laki. Pelayanan yang diberikan cepat dan ramah. Karena itu tak heran jika nuansa tradisional Jawa akan terasa di sini.

Soto Semarang Pak Eko BelangkonSoto Semarang Pak Eko Belangkon Foto: detikFood/Kristina


Menu spesial yang ditawarkan antara lain soto ayam dan sate kerang. Keduanya menggunakan resep khas Semarang. Soto tersedia dalam dua ukuran. Mangkok kecil dan besar. Komposisi bahan tidak jauh berbeda dengan soto kebanyakan.

Isiannya ada nasi, mie putih, daging ayam suwir, dan taoge. Hanya saja untuk daging ayam sudah dimasak dengan bumbu sendiri. Rasanya manis gurih hampir mirip seperti daging ayam cincang untuk mie ayam. Sementara kuahnya bening dengan rasa gurih ringan dan aroma bawang putih yang kuat.

Sementara itu sate kerang dimasak dengan kekenyalan yang pas. Tidak begitu alot dan tidak terlalu empuk. Soto makin mantap ditambahkan air jeruk nipis pada sate kerang sehingga ada rasa asam manis.

Soto Semarang Pak Eko BelangkonSoto Semarang Pak Eko Belangkon Foto: detikFood/Kristina


Tersedia juga menu lain seperti soto sapi, sate ati, sate usus, sate ayam kampung, sate telor puyuh, perkedel, tempe dan aneka gorengan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Satu tusuk sate dibandrol harga Rp 3.000. Sedangkan harga soto ayam untuk mangkok kecil Rp 7.000 dan Rp 8.000 untuk mangkok besar.

Soto Semarang Pak Eko BelangkonSoto Semarang Pak Eko Belangkon Foto: detikFood/Kristina


Soto khas Semarang Pak Eko Blangkon buka mulai dari jam 5.30 pagi dan tutup jam 16.00 WIB. Pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk berkunjung ke warung soto blangkon. Tak sedikit pula orang-orang bersepeda dan berolahraga pagi juga mampir sarapan di sini.

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta kurang lebih 11 km atau sekitar 20 menit perjalanan. Ikuti petunjuk arah menuju Ring Road Utara kemudian ambil arah Stadion Maguwoharjo. Soto ini berada tepat di sebelah utara Stadion Maguwoharjo Sleman.



Simak Video "Daging Sapi Berendam dengan Kuah Santan Maknyuusss!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)