Ngiras Soto Ayam Khas Kudus yang Bikin Nambah

Claudia Susanty - detikFood Jumat, 21 Feb 2020 07:30 WIB
soto ayam khas kudus mbak lin semarang Foto: detikcom
Jakarta -

Di Jawa Tengah ada soto ayam Kudus dan Semarang yang populer. Tetapi di warung soto ini kami selalu selalu nambah. Ya sotonya ya nasi plus lauk-pauknya.

Mampir ke kota Semarang kami sudah punya daftar makanan enak yang wajib dicicipi. Khusus untuk soto kami punya beberapa warung soto seperti soto selan dan soto bokoran. Soto Ayam Khas Kudus Mbal Lin juga masuk dalam daftar makanya kami datangi pertama.

Namanya soto ayam Kudus tapi ada di kota Semarang dan cukup populer. Kamipun menuju jalan Ki Mangunsakoro, di seberang RS Telogorejo salah satu cabang mbak Lin yang selalu dipadati pelanggan. Meja kursi kayu ditata dari emperan hingga ke dalam rumah makan.

Ngiras Soto Ayam Khas Kudus yang Bikin NambahFoto: detikcom



Pesan soto di sini bisa pilih soto dicampur nasi atau soto dipisah dengan nasi. Tergantung selera, yang suka makan dengan nasi agak lembek terendam kuah cocok makan soto dicampur nasi. Seperti yang kami suka, nasi harus direndam bersama kuah soto.

Yang bikin seru ternyata aneka lauk yang tersedia di meja. Ada tempe goreng, perkedel, sate kerang, sate ayam yang direbus dengan kuah kecap dan sate telur burung puyuh. Sambal dan kecap manis plus aneka kerupuk dan keripik juga ada.

Soto ayam disajikan dalam mangkuk China yang mungil plus sendok bebek. Kuahnya tidak bening seperti soto Semarang tetapi agak keruh putih. Ada taburan bawang putih goreng dan potongan kucai.

Ngiras Soto Ayam Khas Kudus yang Bikin NambahFoto: detikcom


Meskipun tidak banyak genangan minyak, kuah soto terasa gurih. Sepertinya bawang putih dan kemiri jadi bumbunya. Soto Kudus ini harus ditambah kecap manis, jeruk nipis dan sambal supaya lebih enak.

Meskipun buat kami rasa soto ini standar saja tetapi cukup menyegarkan dimakan saat udara mendung. Isiannya tak beda dengan soto Kudus biasa, suun, tauge dan suwiran ayam. Suwiran ayam yang lumayan besar sepertinya bukan ayam kampung.

Ngiras Soto Ayam Khas Kudus yang Bikin NambahFoto: detikcom



Sate kerangnya kenyal manis gurih dan tempe goreng yang garing gurih membuat soto jadi makin ramai. Makin meriah ditambah kerupuk kanji yang renyah asin.

Keseruan menambah lauk dan menghirup kuah panas soto jadi ritual menarik saat makan soto. Meski repot tapi asyik karena kami jadi sibuk tambah ini tambah itu.

Harga soto yang terjangkau, membuat warung soto ini selalu ramai. Semangkuk soto dihargai Rp 10.000, gorengan tempe dan perkedel Rp 2.000 per buah dan aneka sate Rp 4.000 per tusuk. Penggemar soto Kudus bisa mampir jajan soto di sini kalau ke Semarang. Tempat ini buka jam 07.00 dan tutup jam 22.00.

Kamu punya pengalaman bersantap atau jajan yang menarik? Kamu bisa mengirimkan ke SINI!



Simak Video "Soto Ayam Ambengan Pikul Jadi Soto Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)