Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 12:00 WIB
Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas Foto: detikfood
Depok -

Makan soto ayam atau sapi sudah biasa, bagaimana dengan soto kebo? Olahan soto dengan isian daging kerbau ini bisa kamu cicip di rumah makan khas Jawa Tengah di Depok ini.

Soto kerbau adalah makanan khas kota Kudus, Jawa Tengah. Sesuai namanya, soto ini diberi isian irisan daging kerbau. Pelengkapnya ada tauge, kol, hingga kacang kedelai.

Soto kerbau konon merupakan gambaran budaya Kudus yang beragam karena diwarnai percampuran tradisi Hindu, Jawa, dan China. Daging kerbau dipilih karena masyarakat Hindu yang dulu banyak bermukim di Kudus tak boleh makan daging sapi.

Sunan Kudus pun melarang sapi dijadikan santapan meski dari sisi syariah Islam, sapi halal dimakan. Sebagai alternatifnya, daging kerbau-lah yang dikonsumsi.

Soto kerbau gaya soto seger Boyolali

Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super PedasSoto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas Foto: detikfood

Kenikmatan soto kerbau populer sampai ke daerah lain. Di Depok, tepatnya kawasan KSU (sebelum perumahan Grand Depok City), ada rumah makan khas Jawa Tengah yang menawarkan soto kerbau sebagai menu andalan.

Namanya Soto Kebo Suegeeer Boyolali WARSO. Lokasinya persis di pinggir jalan sehingga mudah dikenali. Semangkuk soto kerbau dihargai Rp 12 ribu di sini dengan porsi mungil.

Racikan sotonya serupa soto seger khas Boyolali, namun isian daging ayam/sapi diganti kerbau. Kuahnya gurih segar tanpa santan.

Jika soto Boyolali biasanya berkuah bening, pada soto kerbau di sini kuahnya keruh agak kehitaman. Ternyata ini karena soto kerbau diracik bersama kemiri bakar.

Slurpp! Soal rasa, soto kerbau ini mirip soto seger Boyolali dan soto Kudus pada umumnya. Gurih menyegarkan dengan rasa bawang putih yang agak kuat.

Namun penambahan kemiri bakar membuat rasa soto ini sedikit lebih nutty (rasa kacang) dan kaya. Untuk isian sotonya sederhana yaitu tauge dan daging kerbau. Terselip juga sedikit potongan bawang putih goreng dan seledri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com