Abu Lahap: Mencicip Nasi Goreng Kebuli dengan Paduan Dabba dan Sambal Matah

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 09 Nov 2017 12:36 WIB
Foto: Lusiana Mustinda Foto: Lusiana Mustinda
Jakarta - Siang ini mampir yuk ke restoran spesialis daging kambing. Ada nasi goreng kebuli yang diracik dengan rempah dengan paduan kambing bakar yang sedap. Mau coba?

Ada restoran baru nih di Kemang. Tempatnya berada di Jalan Benda No. 14, Kemang, Jakarta Selatan. Dalam satu restoran terdapat dua nama yaitu Abu Lahap dan Mamaria Cooks. Walaupun memiliki dapur yang berbeda, akan tetapi kedua tempat ini masih satu grup dan sama-sama menjual masakan dengan paduan daging kambing.

Baca juga: RM Puas Ibu Hj. Maryam: Sedapnya Nasi Kebuli dan Briyani Legendaris Berlauk Kambing Goreng

Restoran Abu Lahap dan Mammaria yang ada di Kemang, Jakarta Selatan.Restoran Abu Lahap dan Mamaria yang ada di Kemang, Jakarta Selatan. Foto: Lusiana Mustinda

Abu Lahap memiliki beberapa menu andalan seperti nasi goreng gulai, dabba hingga nasi goreng kebuli dengan paduan sambal matah. Sedangkan Mamaria Cooks memiliki beragam menu rumahan seperti tongseng, sate hingga gulai kambing.

Penasaran dengan salah menu andalan dari Abu Lahap, kami mencoba nasi goreng kebuli dengan paduan dabba (Rp 48.000). Nasi goreng disajikan dalam piring alumunium khas Timur Tengah. Nasi gorengnya dipadu dengan beberapa rempah khas nasi Kebuli, tapi tak terlalu kuat. Kami justru menikmati perpaduan rasa kari serta kemiri dalam sajian nasinya.

Abu Lahap: Mencicip Nasi Goreng Kebuli dengan Paduan Dabba dan Sambal MatahNasi goreng kebuli dengan paduan dabba dan sambal matah. Foto: Lusiana Mustinda

Nasi goreng dipadu dengan dabba. Dabba ini merupakan potongan daging kambing yang sudah diberi bumbu dan dimasak dengan slow cooking dan dibakar. Tekstur daging kambingnya sangat empuk dengan aroma daging yang gurih. Tak ada jejak wangi kambing sama sekali sehingga pas bagi kami yang tak terlalu suka kambing.

Yang berbeda dengan nasi goreng kebuli pada umumnya. Abu Lahap memadukan dengan sambal matah. Sambalnya terdiri dari irisan cabai rawit hijau, rawit merah, serai dan bawang merah. Dipadu dengan minyak panas, sambal ini terasa pedas dan menyegarkan karena ada sensasi serai yang kuat. Enak dinikmati bersama nasi goreng kebuli. Nyam!

Kalau ingin menikmati sajian berkuah, tongseng dari Mamaria Cooks (Rp 35.000) bisa jadi pilihan. Disajikan panas-panas, kuah tongseng berwarna kuning kecokelatan memiliki rasa gurih dengan paduan santan.

Tongseng racikan Mamaria yang berkuah kental.Tongseng racikan Mamaria yang berkuah kental. Foto: Lusiana Mustinda

Suapan pertama menghasilkan rasa gurih, manis dan sedikit pedas. Potongan daging kambingnya terasa empuk dengan iringan pelengkap enak yaitu tomat hijau dan kol serta irisan cabai rawit. Kuahnya yang hangat ini cocok dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Nah, kalau belum ada rencana makan siang dimana. Tempat ini bisa jadi pilihan. Walaupun tak terlalu besar, restoran ini memiliki desain yang unik dengan sentuhan elegan sederhana berwarna emas. Mau coba?

Abu Lahap
Jalan Benda Raya No. 14
Kemang, Jakarta Selatan

Baca juga: Warung Sate Pak Gino: Gurih Mantap! Sate Kambing Selap Gajih dan Tongseng Khas Sidareja (lus/lus)
Load Komentar ...