Mang Didi: Nikmatnya Nasi Daun Jeruk Plus Empal yang Harum Gurih

Maya Safira - detikFood Jumat, 14 Agu 2015 12:18 WIB
Paket Nasi Mang Didi
Jakarta -

Mau cari makan siang mengenyangkan dengan harga ekonomis? Mampir saja ke restoran ini. Ada aneka makanan khas Jawa Barat yang lezat di sini. Seperti nasi daun jeruk dengan empal manis atau soto Bandung yang menghangatkan tubuh. Nikmat!

Restoran Mang Didi yang tak jauh dari RS Mayapada Lebak Bulus sudah sering kami lewati. Menurut salah satu teman, rasa makanannya enak dan harganya tak mahal. Tertarik mencoba, kami pun mampir saat sedang berada di Lebak Bulus.

Masuk ke dalam restoran, tampak suasana khas Jawa klasik yang kental. Terlihat meja-meja kayu ditutupi taplak bermotif batik. Di salah satu sudut ruangan ada jejeran ​wajan-wajan​ tanah liat berisi lauk yang sudah masak. Langit-langit​ny​a diberi hiasan kain batik.

Didukung lampu berpencahayaan temaram, interior Mang Didi dilengkapi hiasan ​antik​. Seperti pajangan dinding dan telepon antik. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah tempelan kertas bertuliskan "No Wifi". Dibawahnya ada ajakan "Mari Budayakan Mengobrol".

Melihat daftar menunya, memang Mang Didi menyajikan banyak hidangan khas Jawa Barat. Andalannya berupa menu paket nasi. Ada Paket Nasi Cirebon, Paket Nasi Gule Tulang Lunak, Paket Nasi Raos dan Paket Nasi Sangrai Kencur. Lauk seperti Sambal Goreng Daging Cirebon, Daging Gepuk Bandung, Ikan Asin Peda Bumbu Cabe dan Ceplok Bakar Daun juga bisa ditemui di sini.

Kami pun mencoba Paket Nasi Mang Didi (Rp 35.000) yang jadi favorit. Paket dengan porsi cukup banyak ini berisi nasi daun jeruk, ayam balado suwir, empal suwir, telur pindang, orek kacang panjang dan tempe. Pelengkapnya berupa sambal matah.

Paket Nasi Mang Didi tersaji dalam piring anyaman rotan yang dilapisi daun pisang. Aroma gurih santan dengan irisan daun jeruk terasa begitu​ wangi​ menggelitik hidung. ​N​as​inya empuk pulen ​rasanya mirip nasi uduk. Hanya saja tambahan daun jeruk membuat jadi ​semerbak segar.​

Tampak nasi dikelilingi kelima jenis lauk. ​A​yam suwir​nya ​berbumbu sambal gurih yang pedas menyengat. Terasa jejak cabai, bawang dan tomat dalam sambalnya. ​Rasanya makin pedas tetapi justru kami tak ingin berhenti menyuapnya​.

Empal suwirnya juga tak kalah enak. Daging empal empuk saat dikunyah. Bumbunya yang manis gurih juga meresep sampai ke dalam serat. Lauk orek kacang panjang dan tempe pun cocok di lidah. Rasa manis kecapnya pas dan tidak berlebihan. Begitu pula setengah potong telur pindang yang ​gurih​.

Semua lauk bercitarasa masakan rumahan ini enak disuap bersama nasi daun jeruk. Apalagi ada sentuhan unik sambal matah yang jadi pelengkapnya. Sambal pedas dengan cecapan bawang dan perasan jeruk nipis ini menambah kenikmatan santap siang.

Kami juga sempat mencicipi Soto Bandung (Rp 23.000) racikan Mang Didi. Soto be​rkuah​ kaldu sapi ini tersaji panas dalam mangkuk tanah liat. ​Ada irisan lobak, kedelai goreng, cincangan daun bawang dan bawang merah goreng mengapung di permukaan kuah.

Kuah soto Bandung terasa ringan dan segar. Gurih kaldu cukup tercecap kuat saat menghirupnya. Potongan dagingnya sendiri lumayan empuk seperti daging sop. Soto makin enak disantap bersama sambal dan acar yang jadi pelengkapnya.

Setelah puas dengan makanan utama, kami menyegarkan tenggorokan dengan Bandrek (Rp 10.000). Minuman tradisional ini berwarna putih keruh, sedikit mirip kopi susu. Aroma harum rempah bakar cukup menggelitik hidung saat bandrek tiba di meja kami.

Bandrek terasa segar dan menghangatkan tenggorokan. Ada cecapan jahe dan krimer pada minuman asal Jawa Barat ini. Rasa manisnya juga pas bagi kami.

Selain bandrek, ada juga pilihan Kopi Tubruk Mang Didi dan Bajigur. Untuk camilannya, bisa mencoba Singkong Siram Santan, Kerupuk Banjur Sambal Oncom, Tahu Gejrot atau Colenak.

Bagi yang tak sempat mampir, Mang Didi punya layanan pesan antar untuk wilayah sekitarnya. Tertarik mencoba untuk santap siang? Yuk mampir!

Mang Didi
Jl. Lebak Bulus Raya I No. 09
Lebak Bulus
Jakarta Selatan
Delivery: 0857 1516 4756
Jam Buka: 10.00 - 20.00

(msa/odi)