Pesan Nasi Kari, Pria Ini Kesal Dipaksa Bayar Biaya Tak Jelas Rp 889 Ribu

ADVERTISEMENT

Pesan Nasi Kari, Pria Ini Kesal Dipaksa Bayar Biaya Tak Jelas Rp 889 Ribu

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 11:30 WIB
Pesan Nasi Kari, Pria Ini Kesal Dipaksa Bayar Biaya Tak Jelas Rp 889 Ribu
Foto: TikTok @alexmutammara,
Jakarta -

Pria ini pesan makan nasi kari lewat aplikasi online. Meski harga aslinya hanya Rp 387 ribu, tapi pria ini justru diminta biaya tambahan sebesar Rp 889 ribu!

Ada beberapa risiko yang harus dihadapi pelanggan ketika pesan makan melalui aplikasi online. Mulai dari masalah terhadap sopirnya hingga pesanan yang datang berbeda.

Bahkan sering muncul kesalahan dari aplikasi itu sendiri yang justru membuat pelanggan rugi. Seperti masalah yang dialami oleh pria di Amerika Serikat ini ketika pesan makanan di aplikasi Uber Eats.

Melalui akun TikToknya @alexmutammara, pelanggan pria ini membagikan pengalaman buruknya ketika memesan makanan melalui aplikasi online Uber Eats. Pria bernama Alex Mutammara itu mengaku melihat tagihan yang tidak jelas setelah selesai memesan beberapa makanan.

Alex diketahui memesan makanan melalui layanan grup di aplikasi tersebut. Layanan ini menawarkan kemudahan kepada pelanggan yang ingin memesan makanan bersama. Tanpa harus mengoper handphone dari satu orang ke orang lain, layanan ini bisa diakses oleh setiap orang yang secara bersamaan di handphone nya masing-masing.

Biasanya ketika sekelompok memesan makanan grup seperti ini, akan ada satu orang yang menalangi terlebih dahulu. Tetapi di Uber Eats, setiap orang yang ikut memesan bisa membayarnya sendiri sekaligus memberi tip. Setidaknya, seperti ini cara kerja layanan tersebut, lapor distractify.com (01/12).

Namun sepertinya kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut tidak dirasakan oleh Alex. Dalam unggahan video TikToknya, Alex sebagai 'pemimpin' pada grup pesanan tak hanya harus menalangi biaya semua orang, tetapi juga ditagih biaya tambahan yang tidak jelas.

Pesan Nasi Kari, Pria Ini Kesal Dipaksa Bayar Biaya Tak Jelas Rp 889 RibuTagihan asli yang seharusnya hanya dibayar oleh Alex. Foto: TikTok @alexmutammara,

Alex menunjukkan bukti pesanan pada aplikasi Uber Eatsnya. Terlihat dia hanya memesan satu porsi nasi beserta satu porsi kari hijau dengan pilihan daging ayam yang totalnya hanya 24.88 USD atau sekitar Rp 388 ribu.

"Jadi, $24.88 ini menjadi total tagihan untuk pesanan spesifik milik saya. Kalian semua tahu saya memesan kari hijau favorit yang saya beli di Thai Places, dan inilah tagihan saya. Sebenarnya tagihan saya sendiri sudah benar, dengan total dan tip, tetapi keesokan harinya saya mendapat tagihan tidak jelas ini," ucapnya dalam video.

Setelah pesanan selesai, keesokan harinya memang ada tagihan sebesar $57 atau sekitar Rp 889 ribu yang ia terima. Video itu pun diberi keterangan, "Ketika saya mendapat permintaan beberapa dollar dari teman saya untuk makanan yang kami pesan di Uber Eats semalam."

Pesan Nasi Kari, Pria Ini Kesal Dipaksa Bayar Biaya Tak Jelas Rp 889 RibuNamun setelah Alex memesan, keesokan harinya ia diharuskan membayar biaya tak jelas sebesar hampir Rp 900 ribu. Foto: TikTok @alexmutammara,

Tentu tagihan sebesar hampir Rp 900 ribu yang tidak jelas ini membuat Alex terkejut. Ia pun langsung meminta pengembalian dana kepada pihak Uber Eats.

Sayangnya, pihak Uber Eats memberikan respon yang buruk dan tidak bertanggung jawab atas masalah yang dialami oleh pelanggannya. Alex mengungkap, setiap ia meminta permintaan baru kepada mereka, mereka segera membatalkannya.

Video yang telah ditonton oleh 1,9 juta orang ini dipenuhi komentar para netizen. Beberapa orang membagikan pengalaman serupa ketika pesan makan melalui aplikasi ini.

Seperti netizen ini yang berkomentar, "Customer service Uber memang sangat buruk. Mereka tidak akan memberikan pengembalian dana meskipun hanya $5, dan di hari setelahnya uang $5 ini akan hangus."

Sementara netizen lain juga mengungkap bahwa Uber telah menagih biaya kartu kreditnya setiap bulan. "Uber Eats telah menagih biaya ke kartu kredit saya setiap bulan. Saya telah menghubungi mereka dan mengatakan saya tidak pernah berlangganan dengan mereka," ucap netizen ini.

Tak sedikit juga netizen yang turut membantu Alex dengan meminta Uber untuk mengembalikan uang sebesar Rp 889 ribu miliknya. "@Uber Eats @Uber tolong kembalikan uangnya!" pungkas netizen itu.

Adapun netizen yang mengungkap, "Kamu seharusnya tidak menyerah dengan uang sebesar $57 ini. Jumlah uang ini cukup banyak untuk dicuri oleh mereka."

Meskipun begitu, Alex mengungkap bahwa ia tidak bisa mendapat pengembalian dana. Uang Rp 899 ribu miliknya berakhir hangus.



Simak Video "Melihat Aneka Ikan di Pasar Flamboyan Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT