Bukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih Enak

ADVERTISEMENT

Bukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih Enak

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 18 Sep 2022 10:00 WIB
Bukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih Enak
Foto: Site News
Jakarta -

Di era digital seperti sekarang, popularitas restoran bisa dilihat dari rating online yang diberikan pengunjung. Uniknya, pada restoran China, definisi rating semakin tinggi semakin baik ini agaknya tak berlaku.

Sejak bermunculan situs ulasan khusus untuk makanan hingga Google Review, banyak orang mengandalkan rating dan jumlah bintang dari penilaian para pengunjung sebagai bahan pertimbangan sebelum menyambangi sebuah restoran.

Dilansir dari DailyMailUK (18/09), namun ternyata rating dengan bintang tinggi tidak selalu akurat atau merepresentasikan cita rasa makanan dari restoran tersebut.

Seperti yang disampaikan Freddie Wong, seorang pembuat film asal Amerika. Ia membagikan tips untuk memilik restoran khas China yang enak dari internet. Menurutnya, jika ingin mengetahui restoran China yang enak, carilah restoran yang memiliki rating bintang 3.5, jangan rating bintang 5 yang sempurna.

Baca Juga: Dapat Review Negatif, Restoran Ini Tega Beberkan Informasi Pribadi Pelanggan" selengkapnya

Bukan tanpa alasan mengapa Wong memberikan tips ini. Menurut pengalaman pribadinya, rata-rata restoran China yang sudah terkenal dan memiliki penilaian rating bintang 5, biasanya pelayanannya sempurna tapi rasa makanannya biasa saja.

Bukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih EnakBukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih Enak Foto: Site News

Sementara restoran China dengan rating standard di angka 3.5, memiliki pelayanan buruk tapi makanan China yang disajikan autentik dan enak. Karena bintang 3.5 bisa dibilang posisinya di tengah-tengah. Artinya restoran itu punya makanan yang enak, tapi pelayanannya buruk.

Tapi tips ini hanya berlaku jika orang-orang ingin makan di restoran China yang ada di kota-kota besar. Di mana kebanyakan restoran-restoran di kota besar sudah diulas banyak orang di internet.

"Jadi ekspektasi pelayanan di Asia ini berbeda dengan di negara lain. Pelayan di restoran Asia ini tidak aktif. Mereka tidak akan inisiatif memberikan kalian refill makanan atau minuman, kalian harus aktif memintanya," jelas Wong.

"Contohnya seperti ulasan orang-orang di situs traveling Yelp. Mereka menyebut bahwa restoran China dengan menu dumpling ini pelayanannya buruk, tapi makanan yang disajikan cukup enak, akhirnya mereka memberikan rating bintang 3.5," sambung Wong.

Bukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih EnakBukan Rating 5, Restoran China dengan Rating 3.5 Disebut Lebih Enak Foto: Site News

"Ini lah yang saya bicarakan. Makanan-makanan di restoran ini enak. Tapi pelayan restoran akan cuek dan mengabaikan Anda, mereka akan bersikap kasar, tapi rasa makanannya enak," tuturnya.

Lalu apa bedanya dengan restoran China yang memiliki rating bintang 4 dan 5 di internet? Menurut Wong, restoran-restoran ini biasanya dipenuhi dengan orang kulit putih. Jadi pelayanan di restoran tersebut jelas lebih baik dan ramah, namun makanannya biasa saja, tidak autentik khas China.

"Intinya Anda juga jangan memilih restoran China yang memiliki rating rendah seperti rating 2.5," pungkas Wong.

Meski tips untuk memilih restoran China ini cukup aneh. Tapi banyak pengguna TikTok yang setuju dengan trik ini.

"Saya baru saja cek tiga restoran China favorit saya di internet, dan ketiganya memiliki rating 3.5," tulis salah satu netizen.

"Ini tips yang sangat membantu. Karena saya selalu memilih restoran dengan ulasan dan bintang tertinggi, tapi ternyata mengecewakan," sambung netizen lainnya.

"Saya biasanya pakai tips 'sambutan'. Kalau kalian masuk ke sebuah restoran, dan mereka menyapa kalian dengan ramah, artinya makanan yang disajikan akan biasanya saja. Tapi sebaliknya, semakin mereka tak sopan, rasa makanannya semakin enak," tutup netizen.

Video tentang Wong dan tips berburu restoran China yang enak ini sudah ditonton sebanyak 7 juta kali dan dibanjiri ribuan komentar di TikTok.


Baca Juga: 5 Pelayanan Buruk Restoran pada Pelanggan Ini Bikin Pembeli Kapok Datang" selengkapnya



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT