ADVERTISEMENT

Manfaat Susu Kental Manis, Bikin Kreasi Waffle Klasik Tambah Nikmat

Yudistira Imandiar - detikFood
Minggu, 14 Agu 2022 07:42 WIB
Waffle
Foto: istock
Jakarta -

Akhir-akhir ini, waffle menjadi kudapan yang ngetren di Indonesia. Makanan yang populer di Eropa, khususnya Belgia, dan Amerika ini cocok untuk menjadi menu sarapan atau sekadar untuk camilan dengan tambahan manfaat dari susu kental manis.

Kue yang dibentuk dengan cetakan khusus bergerigi dan berpola silang ini punya tampilan unik. Pembuatan waffle terbilang praktis dan cepat, sehingga pas untuk menjadi sajian sarapan nikmat dengan tambahan topping yang beragam, seperti sirup karamel, whip cream, buah-buahan, hingga menambahkan manfaat susu kental manis di atas waffle.

Resep waffle kali pertama ditemukan dalam naskah anonim bernama Le Ménagier de Paris. Di dalamnya tercantum bahan dan cara pembuatan waffle, termasuk alat cetakan waffle dari besi. Ini sekaligus membuat para sejarawan yakin waffle sudah ada di abad 13-14.

Meskipun Waffle dikenal sebagai makanan khas Belgia, ternyata banyak bukti menunjukkan kata "waffle" berasal dari Prancis atau China. Namun, ada juga yang menyatakan "waffle" merupakan kata turunan dari "wafer" pada bahasa Belanda. Penggunaan kata waffle dalam bahasa Inggris pertama kali muncul tahun 1725.

Waffle merupakan makanan yang ikonik. Bahkan, sampai ada hari khusus terkait dengan makanan manis ini. International Waffle Day diperingati tiap 25 Maret. Namun, Amerika Serikat juga memperingati National Waffle Day tiap 24 Agustus, karena di tanggal ini pada tahun 1869, Cornelius Swarthout mendapat paten pertama atas cetakan waffle yang dibuatnya.

Waffle memang makanan yang populer di Eropa dan Amerika, tapi ternyata negara-negara Asia pun memiliki makanan sejenis waffle. Di Asia, khususnya Indonesia, menambahkan manfaat susu kental manis membuat rasa waffle makin istimewa.

Di Hong Kong ada Gai Daan Tsai. Umumnya waffle punya permukaan motif kotak-kotak, tapi gai daan tsai dibuat dengan cetakan bulat menonjol seperti telur. Adonannya terbuat dari telur, gula, dan susu evaporated. Kemudian adonan dituangkan dalam cetakan besi berlubang-lubang bulat seperti telur. Berbeda dari waffle Amerika atau Eropa, egg waffle biasanya tak memakai topping. Isian seperti daging, cokelat atau buah langsung diolah dalam adonan.

Vietnam pun punya waffle-nya sendiri. Namanya banh kep la dua atau pandan waffle. Adonannya dibuat menggunakan pandan dan santan yang wangi, lalu dimasak menggunakan cetakan besi motif kotak-kotak yang dipanaskan dengan arang ataupun cetakan waffle listrik. Saat sudah matang, waffle berwarna paduan hijau dan cokelat. Di Vietnam, biasanya pandan waffle dimakan begitu saja tanpa topping. Makanan ini sangat populer sebagai jajanan kaki lima.

Kreasi waffle lainnya dari Asia adalah wapeul yang merupakan salah satu jajanan kaki lima populer di Korea. Nama ini sebenarnya didapat dari terjemahan kata waffle. Tampilan wapeul pun mirip dengan waffle Amerika, tapi lebih tipis dan renyah. Biasnyaa wapeul bulat diisi dengan whipped cream manis aneka rasa kemudian dilipat dua seperti sandwich. Ada juga guyuran sirup atau madu yang menambah citarasa wapeul. Terkadang penjual menyediakan es krim untuk pelengkap wapeul. Tambahan manfaat susu kental manis juga cocok disandingkan dengan makanan ini.

Indonesia pun punya makanan sejenis waffle. Di Gorontalo ada kue yang tampilannya mirip waffle disebut wapili. Kue berwarna cokelat ini bermotif kotak-kotak. Adonan kue dibuat menggunakan tepung beras, terigu, ragi, gula merah dan santan. Baru kemudian dibentuk dalam cetakan. Terkadang dalam adonan juga diberi campuran kacang.

Dari sekian banyak jenis dan 'aliran' waffle yang ada, waffle Belgia dan waffle klasik merupakan yang paling populer. Waffle Belgia punya ukuran yang besar dan teksturnya renyah, sangat pas ditambahkan manfaat susu kental manis sebagai toppingnya.

Jenis lainnya, yakni waffle klasik. Kedua jenis waffle ini sama-sama cocok untuk ditambahkan beragam topping, termasuk memberikan manfaat susu kental manis untuk membuat cita rasa makin nikmat.

Waffle klasik dapat menjadi pilihan menu sarapan yang nikmat. Kamu bisa menambahkan manfaat susu kental manis agar sarapanmu menjadi lebih berenergi.

Waffle klasik memiliki tekstur luar yang renyah, tapi dalamnya tetap fluffy atau lembut saat digigit. Jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan dengan aneka topping, seperti selai buah, keju, sosis panggang, atau menambahkan manfaat susu kental manis sebagai toppingnya.

WaffleWaffle Foto: istock

Untuk membuat waffle dengan tambahan manfaat susu kental manis, kamu membutuhkan cetakan khusus untuk mendapatkan pola gerigi khasnya. Kamu bisa menggunakan cetakan manual yang dimasak di atas kompor atau menggunakan cetakan listrik yang lebih praktis.

Tambahan manfaat susu kental manis di sajian waffle membuat sarapan lebih bernutrisi. Selain menghadirkan rasa manis gurih yang sedap.

Membuat waffle klasik dengan manfaat susu kental manis bisa dilakukan hanya dalam 5 langkah mudah. Berikut ini resep waffle klasik yang mudah dan praktis dengan manfaat susu kental manis.

Bahan:

• 250 g tepung terigu

• 1 sdt garam

• 4 sdt baking powder atau 2 sdt double acting baking powder

• 2 sdm gula pasir

• 2 butir telur ayam

• 350 ml susu hangat

• 80 g mentega, lelehkan

• 1 sdt vanili bubuk

● Susu Kental Manis

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu, garam, baking powder dan gula dalam mangkuk sedang. Aduk hingga rata.

2. Kocok telur hingga berbuih halus lalu campur dengan susu hangat, mentega leleh dan vanili.

3. Tuangkan ke dalam campuran terigu sambil aduk-aduk hingga tercampur rata dan licin.

4. Panaskan cetakan waffle dengan api sedang.

5. Setelah panas, tuangkan adonan waffle dan masak hingga kering dan kuning keemasan kedua sisinya. Angkat.

6. Tambahkan Manfaat Susu Kental Manis sebagai topping penambah cita rasa

Tips Membuat Waffle Klasik:

1. Untuk membuat waffle klasik ini bisa dipakai cetakan waffle manual atau listrik. Jika memakai cetakan manual yang lama tak dipakai, cuci bersih dan panaskan sebentar lalu olesi sedikit minyak sayur dan panaskan beberapa saat, agar waffle tak lengket.

2. Sebagai pelengkap makan waffle bisa ditambahkan topping buah segar, selai buah, whipped cream atau krim keju dan sosis panggang, serta tambahan manfaat susu kental manis.

Bersumber dari susu sapi segar dan diolah menggunakan teknologi modern ditambah asupan nutrisi, manfaat susu kental manis menjadi semakin lengkap. Dilengkapi dengan kandungan multivitamin vitamin dan mineral, serta terdapat 130 kkal per sasetnya, manfaat susu kental manis bisa kamu dapatkan sebagai pelengkap cita rasa sajian sarapan untuk keluarga.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT