5 Bahan Makanan yang Awet dan Wajib Ada di Dapur

ADVERTISEMENT

5 Bahan Makanan yang Awet dan Wajib Ada di Dapur

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 10:33 WIB
Bahan-bahan makanan yang wajib ada di dapur
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa bahan makanan yang wajib disimpan di dapur karena awet dan tahan lama. Seperti gula, beras, hingga aneka bumbu. Agar tak repot saat memasak.

Jangan hanya menyediakan alat masak saja di dapur, perhatikan juga stok bahan makanan. Pilih bahan makanan dasar yang awet dan tahan lama. Bahan-bahan makanan yang sering dipakai atau dibutuhkan sebaiknya selalu ada dalam persediaan.

Dilansir dari Today (16/4), ada beberapa bahan makanan yang bisa disimpan karena memiliki masa simpan cukup panjang. Seperti gula pasir, tepung, mie kering, kacang-kacangan hingga beras.

Meski memiliki masa simpan cukup panjang, jangan lupa tetap memperhatikan cara menyimpan bahan makanan tersebut. Seperti diletakkan dalam ruangan gelap, kering, dan suhu yang sesuai dengan jenis bahan.

Baca Juga: Pesan Makanan 15 Menit Sebelum Resto Tutup, Pelanggan Ini Dihina Habis-habisan

Berikut 5 bahan makanan yang awet disimpan dan bisa dijadikan stok dapur.

1. Tepung-tepungan

Bahan-bahan makanan yang wajib ada di dapurBahan-bahan makanan yang wajib ada di dapur Foto: Getty Images/iStockphoto

Tepung kerap digunakan dalam kebutuhan memasak. Ada beragam jenis tepung yang umum dipakai, seperti terigu, beras, sagu, tapioka, dan maizena.

Tepung biasanya dikemas dalam kemasan berbahan plastik maupun kertas. Sebaiknya kemasan tersebut dibuang dan diganti dengan wadah yang kedap udara, seperti stoples kaca atau wadah makanan plastik.

Kemudian simpan dalam tempat yang sejuk, gelap, dan kering di dapur. Kalau tepung sudah berubah warna atau berbau tidak sedap, atau berkutu, sebaiknya buang karena kualitasnya sudah turun dan tak layak dikonsumsi.

2. Selai Kacang

Kalau kamu menyukai sarapan dengan roti, sebaiknya menyediakan mentega, cokelat meisjes, atau selai. Sherry Coleman Collins seorang ahli gizi menjelaskan kalau selai kacang dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Ini karena selai kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga rentan terhadap cahaya dan panas. Selai kacang yang berkualitas baik harus memiliki aroma yang harus, tidak seperti sabun atau bahan kimia.

Selai kacang dapat disimpan dalam suhu ruang di dapur sekitar 3 bulan. Setelah itu, sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk mengindari pemisahan minyak.

Baca Juga: Resep Risol Bihun yang Renyah dan Murah Meriah, Cocok Buat Buka Puasa



Simak Video "Mengintip Kecanggihan Dapur Gelato Modern"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT