Netizen Ini Bagikan Tips Sehat Makan Bacon, Begini Caranya

Devi Setya - detikFood
Jumat, 08 Apr 2022 13:00 WIB
Tips Sehat Makan Bacon
Foto: TikTok Right Guys Review
Jakarta -

Bacon dikenal sebagai makanan kurang sehat karena kandungan lemaknya. Netizen ini bagikan tips mudah agar daging olahan ini lebih rendah lemak ketika dikonsumsi.


Sama seperti halnya sosis, kornet dan daging olahan lainnya, bacon termasuk makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering dan banyak. Kandungan lemak pada daging ini terbilang banyak sehingga dimasukkan dalam kategori makanan kurang sehat.

Bacon biasanya diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Disajikan sebagai pelengkap sandwich, campuran nasi goreng atau isian burger. Rasanya gurih dengan tekstur sedikit garing.

Tips Sehat Makan BaconTips Sehat Makan Bacon Foto: TikTok Right Guys Review

Dilansir dari Metro (8/4) seorang pengguna akun TikTok mengklaim dirinya punya cara sehat memasak bacon. Teknik masak ini dianggap bisa mengurangi jumlah lemak pada daging.

Lewat akun tiktoknya Right Guys Review mendemonstrasikan cara memanggang bacon. Ia mengandalkan sebuah tusuk sate dan kemudian menusukkan bagian ujung irisan daging bacon.

Setelah tusuk sate diisi dengan beberapa potong daging, kemudian dimasukkan ke dalam oven. Posisinya sengaja membuat daging ini menjuntai ke bawah, sehingga terlihat menggantung.

Bacon ini lantas dipanggang selama beberapa menit hingga matang. Terlihat lemak perlahan menetes dari daging ini. Untuk menjaga oven agar tetap bersih, ia sudah memberi alas kertas alumunium foil di bawahnya.

Setelah matang, bacon bisa langsung dimakan.

Namun sayangnya banyak orang yang ragu dengan teknik masak seperti ini. Ada yang percaya bahwa tetesan dari daging ini adalah lemak yang berasal dari bacon, tapi ada juga yang menganggap itu hanya tetesan air saja.

Tips Sehat Makan BaconTips Sehat Makan Bacon Foto: TikTok Right Guys Review

"Itu hanya air tambahan yang menetes, bukan lemak," tulis seorang netizen.

"Ya, ada banyak cairan di nampan itu karena semua air yang mereka masukkan ke dalam bacon sebelum dipotong," tambah yang lain.

Untuk menjelaskan hal ini, seorang ahli gizi Holly Snowdon mengatakan bahwa cara ini tidak membuat perbedaan signifikan pada kandungan lemak bacon.

"Saya tidak berpikir ini akan membuat banyak perbedaan pada seberapa 'sehat' bacon, karena lemak putih masih ada di dalam bacon. Lemak ini yang justru mengandung paling banyak lemak jenuh (dan tidak ideal jika sering dikonsumsi dalam jumlah banyak)."



Simak Video "Sedap Nikmat Daging Sapi yang Diasap hingga 12 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)