Apakah Sebelum Dimasak Beras Perlu Dicuci? Ini Penjelasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 15 Mar 2022 11:36 WIB
Penjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidak
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Nasi berasal dari beras yang dimasak dengan cara diaron atau diliwet. Ada perdebatan apakah beras perlu dicuci dulu sebelum dimasak atau tidak. Manakah yang benar?

Nasi merupakan makanan pokok dari berbagai negara di Asia. Berasal dari beras yang cara masaknya diaron atau dimasakmenggunakan rice cooker. Sebelum dimasak, ada yang mencuci beras terlebih dahulu. Ada juga yang tak mencuci beras sebelum dimasak.

Ternyata persoalan mencuci beras diperdebatkan oleh sebagian orang. Ada yang menganggap beras tak perlu dicuci maupun sebaliknya. Lantas, manakah yang benar?

Baca Juga: 5 Hidden Gem Kuliner di Bintaro yang Jadi Incaran Anak Milenial

Penjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidakPenjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidak Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut The Kitchn, mencuci beras adalah hal wajar yang dapat dilakukan dan cara ini dianggap baik karena dapat membuat beras menjadi bersih. Selain itu, beras yang dicuci membantu menghilangkan lapisan permukaan pati pada biji-bijian. Agar tekstur beras tidak begitu kenyal dan menggumpal, seperti dilansir dari Mashed (11/3).

Orang Indonesia memang terbiasa mencuci beras sebelum dimasak. Biasanya beras dicuci 2-4 kali dengan air yang mengalir atau sampai warna airnya tidak keruh. Setelah itu dimasak dengan takaran air sesuai jenis berasnya.

Meski umumnya beras dicuci terlebih dahulu, ada juga orang yang tidak mencuci beras. Hal ini karena mencuci beras dianggap dapat menghilngkan nutrisi, seperti asam folat, iron, niacin, dan thiamin.

Penjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidakPenjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidak Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 5 Cara Memasak Nasi Pulen di Rice Cooker

Apakah ada jenis beras yang tak perlu dicuci? Tentu saja ada, jenis beras dari Jepang biasanya tak perlu dicuci sebelum dimasak. Beras kinmemai merupakan beras premium dari Jepang yang tak perlu dicuci sebelum dimasak.

Beras kinmemai mulai dipasarkan pada 2006 dengan misi pengembangan produk sehat. Beras kinmemai tak perlu dicuci terlebih dahulu karena menggunakan teknik buffing beras.

Penjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidakPenjelasan mengenai beras perlu dicuci atau tidak Foto: Getty Images/iStockphoto

Teknik ini mengolah padi yang dimulai dari lapisannya, terdiri dari sub aleuron dan germ. Teknik buffing juga membuat beras memiliki kandungan nutrisi optimal dan baik bagi kesehatan, seperti dikutip dari detikFood (3/3/2017).

Baca Juga: Teknik 'Buffing' Membuat Beras Kinmemai Tak Perlu Dicuci dan Lebih Bernutrisi



Simak Video "Cerita Pemilik Rintis Usaha Nasi Goreng Padang Upiak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)