5 Cara Memasak Nasi Pulen di Rice Cooker

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 04 Des 2019 11:53 WIB
5 Cara Memasak Nasi Pulen di Rice CookerFoto: Istimewa 5 Cara Memasak Nasi Pulen di Rice CookerFoto: Istimewa
Jakarta - Ada banyak cara memasak nasi pulen. Salah satunya dengan menggunakan rice cooker atau magic com. Bagaimana caranya?

Nasi pulen memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Rasanya yang lembut seakan menambah nikmat hidangan yang tengah dimakan. Hmm, lezat bukan?

Cara memasak nasi tanpa rice cooker juga bisa dilakukan dengan panci lho. Hanya saja, langkah itu akan membutuhkan banyak usaha.

Cara memasak nasi pulenCara memasak nasi pulen Foto: Istimewa




Nah, berikut cara memasak nasi agar pulen dengan rice cooker ala detikFood:

1. Siapkan beras pulen sesuai kebutuhan. Cuci bersih beras dan tiriskan. Kemudian, cara memasak nasi pulen bisa dilakukan dengan merendam beras maksimal 1 jam.

2. Tiriskan air rendaman beras. Masukkan beras yang telah direndam ke dalam panci rice cooker dengan tinggi air sekitar satu ruas jari atau 2 cm di atas beras. Bisa juga mengukur air dengan melihat petunjuk angka pada panci.



Cara memasak nasi pulenCara memasak nasi pulen Foto: twitter


3. Pencet tombol 'cook' atau masak pada rice cooker. Lalu tunggu nasi matang. Biasanya, memasak nasi di rice cooker memakan waktu sekitar 30 menit. Ingat juga, jangan membuka-tutup rice cooker karena akan merusak proses pengukusan.

4. Setelah matang, cara memasak nasi pulen dengan mengaduk-aduk nasi hingga ke bagian bawah dan pinggirnya. Hal ini mencegah nasi berkerak dan mengeringkan permukaan nasi nanti saat disimpan.

5. Cara memasak nasi pulen terakhir dengan menghidangkannya di atas meja. Nasi bisa dinikmati hangat-hangat bersama lauk-pauk. Selamat mencoba!




Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)