ADVERTISEMENT

Nasi Rames Nusantara

Raos Pisan! 5 Nasi Rames ala Sunda yang Sedapnya Bikin Nagih

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 17 Agu 2021 12:02 WIB
Fakta tentang nasi tutug oncom
Foto: iStock

3. Nasi Timbel

Raos Pisan! Nasi Timbel dan Lauk Sunda Pilihan Netizen yang Bikin NgilerRaos Pisan! Nasi Timbel dan Lauk Sunda Pilihan Netizen yang Bikin Ngiler Foto: Instagram Bemp777

Paling hits di restoran Sunda dan tempat makan lainnya. Nasi timbel ini jadi salah satu jenis nasi rames yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Teknik memasak nasi dengan cara dikukus atau dicampur dengan beras merah, membuat rasa nasi timbel berbeda dengan nasi putih biasa.

Nasi timbel dibungkus dengan daun pisang, kemudian disajikan dengan aneka lauk pauk sesuai selera. Paling umum, disantap dengan ayam goreng kampung, ikan asin jambal, lalapan, sambal, pete goreng hingga timun segar.

Ada juga yang menyajikan nasi timbel dengan lauk paru, gepuk, hingga aneka ikan goreng atau bakar. Tak lupa nasi timbel yang pulen ini paling cocok disantap dengan sayur asem hangat.

4. Sangu Tutug Oncom

Resep Nasi Tutug Oncom TasikResep Nasi Tutug Oncom Foto: detikfood/odilia

Sangu tutug oncom ini jadi andalan orang Sunda buat makan siang hingga makan malam. Konsepnya mirip dengan nasi cikur, hanya saja di sini menggunakan oncom enak yang dihaluskan ke dalam nasi. Warna nasi akan berubah menjadi butiran-butiran yang menggumpal dengan oncom dan rempah lainnya.

Dulunya makanan ini dianggap sebagai makanan kelas rakyat, karena rasanya yang enak tapi harganya tetap murah. Paduan antara sambal terasi, dengan telur dadar, ikan goreng, hingga lalapan membuat nasi rames yang satu ini selalu bikin kangen.



Simak Video "Bikin Laper: Dapur Nasi Timbel Rakama"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT