Nasi Rames Nusantara

Keragaman Kuliner dalam Seporsi Nasi Berlauk Komplet

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 11:00 WIB
Selera Bogana Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Nasi rames bukan sekadar hidangan nasi komplet, melainkan bagian dari budaya kuliner Indonesia yang punya filosofi. Nasi rames merupakan lambang keberagaman kuliner Indonesia.

Masuk ke dalam kategori hidangan utama, banyak nama lain dari nasi rames. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sebutan masing-masing untuk hidangan nasi dengan aneka lauk pauk serta tambahan sayur dan sambal yang pas.

Baca Juga: Nikmatnya Sarapan Nasi Rames Ndeso Rp 5.000 yang Mengenyangkan

Dikenal juga dengan nama nasi campur, sajian nasi rames ini sebenarnya cukup populer di wilayah Asia Tenggara terutama di Indonesia. Bahkan sejak dulu beragam varian nasi rames aneka lauk sudah menemani nenek moyang di Tanah Air.

Dilansir dari Era ID, belum banyak orang yang tahu tentang arti nama nasi rames. Nasi rames diambil dari singkatan dua kata dalam bahasa Jawa yaitu 'ora' dan 'mesti' artinya 'tidak pasti.'

Selera BoganaSelera Bogana Foto: dok. detikFood

Kata singkatan ini merujuk pada penggunaan lauk, makanan, sayuran, sambal hingga jenis nasi pada nasi rames yang serba campur-campur atau seadanya.

Memang belum ada sejarah lengkap atau sejarah akurat tentang asal usul nasi rames pertama kali. Tapi banyak yang meyakini bahwa nasi rames pertama kali populer di daerah Jawa. Kemudian berkembang dan diadaptasi menjadi kuliner lokal Nusantara, tentunya dengan racikan bumbu dan lauk yang berbeda di setiap daerah.

Seperti daerah Jawa Barat yang memiliki beragam aneka nasi rames tradisional. Di kota Cirebon, ada nasi bogana yang eksis dan sejak dulu jadi makanan Kesultanan Cirebon.

Kemudian ada juga nasi liwet, hidangan nasi rames khas Sunda yang disajikan di atas hamparan daun pisang dengan aneka lauk campur sari. Dari ikan asin, pete, sambal hingga lalapan jadi pelengkapnya.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku : Kelezatan Nasi Ayam Legendaris Bali Nasi Ayam Legendaris Bali Foto: detikFood

Lalu di Bali, terkenal dengan menu nasi campurnya. Lauknya antara lain sate lilit, lawar ayam, sambal matah, urap dan terkadang penggunaan daging babi dengan kuah kaldu pelengkap.

Melipir ke Sumatera, ada nasi campur khas Medan yang sekilas mirip dengan nasi campur khas Melayu di Malaysia atau Singapura. Berbeda jauh dengan nasi Padang khas Minang, penggunaan lauk dan masakan khas Melayu Deli jadi ciri khas nasi rames yang satu ini.

Dalam ulasan kali ini, detikFood akan membahas tuntas aneka nasi rames dari berbagai daerah di Indonesia.

Mulai dari komposisi lauk dan sayur yang digunakan, ciri khas hingga sebutan nama nasi rames di berbagai daerah, sampai rekomendasi tempat makan nasi rames yang enak dan legendaris di berbagai kota.

Untuk itu pantau terus berbagai artikel menarik tentang nasi rames Nusantara di detikFood pekan ini.

Baca Juga: 5 Warteg di Luar Negeri, Tawarkan Nasi Rames di Korea hingga Arab



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Nasi Rames Pakai Cabai Terpedas di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com