Nasi Rames Nusantara

Raos Pisan! 5 Nasi Rames ala Sunda yang Sedapnya Bikin Nagih

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 17 Agu 2021 12:02 WIB
Fakta tentang nasi tutug oncom
Foto: iStock
Jakarta -

Aneka nasi rames khas Sunda dari Jawa Barat populer dengan bahan dan sambal segarnya. Mulai dari nasi jamblang hingga nasi cikur.

Mampir ke Jawa Barat, hampir setiap daerah di sana memiliki racikan nasi rames spesial yang datang dengan ciri khas masing-masing. Mulai dari Cirebon, yang punya nasi jamblang populer dengan nasi dibungkus daun jati.

Kemudian di Tasikmalaya ada nasi cikur, perpaduan aroma cikur yang mirip seperti nasi goreng. Dengan paduan aroma kencur dan gurih pedas dari sambal, yang dirames dengan aneka lauk pelengkap.

Selain menu nasi cikur hingga nasi jamblang, ada banyak aneka nasi rames khas tanah Pasundan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Nikmatnya Sarapan Nasi Rames Ndeso Rp 5.000 yang Mengenyangkan


1. Nasi Cikur

nasi cikurnasi cikur Foto: Wego/Wikipedia/detikFood

Tasikmalaya jadi pusatnya nasi cikur yang beraroma gurih kencur khas. Mirip seperti nasi goreng, wangi harum dari olahan nasi cikur ini tak lepas pada penggunaan bumbu rempah yang royal dengan gurih kencur yang terasa di setiap suapan.

Meski nasinya sudah beraroma, tapi nasi cikur ini masuk ke dalam kategori nasi rames. Mirip seperti nasi liwet, karena penggunaan aneka lauk yang cukup lengkap untuk menikmati sajian nasi Sunda satu ini.

Biasanya nasi cikur disantap saat sarapan atau makan siang. Disajikan dengan ayam goreng, tahu tempe, sambal dadakan, telur dadar, ikan asin, orek tempe dan aneka lauk sesuai selera.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang CirebonNasi Jamblang Cirebon Foto: Fitraya Ramadhani

Selain terkenal dengan nasi Bogananya yang jadi santapan para Sultan Cirebon. Kota yang satu ini juga punya hidangan nasi jamblang yang hanya ada di Cirebon. Satu ciri khas pasti dari hidangan ini terletak pada daun jati yang digunakan.

Nasi putih hagat dituangkan di atas daun jati segar yang sudah dibersihkan. Kemudian disiram dengan kuah semur dan sayur, lengkap dengan ramesan lauk yang bisa dipilih sesuai selera.

Paling banyak penjual nasi jamblang di Cirebon biasanya menghidangkan nasi ini, dengan lauk tahu tempe, telur dadar, dan sambel merah. Harganya juga murah meriah, tergantung dengan lauk yang dipilih.



Simak Video "Bikin Laper: Dapur Nasi Timbel Rakama"
[Gambas:Video 20detik]