Edho Zell Pamit dari YouTube, Ini Fakta Menarik Bisnis Kulinernya

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 14:45 WIB
Gaya Makan Nyeleneh Youtuber Edho Zell Foto: YouTube Edho Zell
Jakarta -

Dikenal sebagai salah satu YouTuber sukses yang memiliki jutaan subscribers. Edho Zell baru saja mengunggah videonya pamit dari YouTube, yang membuat penggemarnya heboh.

Belum genap satu jam dari video terbaru yang diunggah Edho Zell di kanalnya. Banyak pertanyaan hingga rasa penasaran yang membanjiri kolom komentar di videonya.

Berbeda dengan konten videonya yang lain. Hari ini Edho Zell mengunggah video pamit atau selamat tinggal dari YouTube. Tak ada penjelasan yang ada, video ini berisi potongan singkat gabungan dari puluhan videonya yang ia ciptakan selama belasan tahun.

Selain menjadi seorang YouTuber, Edho Zell juga dikenal sebagai pengusaha kuliner yang sukses. Berikut beberapa fakta menarik seputar Edho Zell.

Baca Juga: Edho Zell Bikin Es Krim Pakai Ayam KFC, Gimana Rasanya?


1. Pamit dari YouTube

Edho ZellEdho Zell Foto: Edho Zell (YouTube)

"12 tahun, 1000 video. Saatnya kita berpisah.." tulis YouTuber ternama itu di chanel YouTube miliknya (18/06). Video dengan durasi empat menit lebih itu seakan membawa penggemarnya kembali bernostalgia, melihat potongan video-video yang telah diciptakan Edho selama ini.

Tak ada penjelasan hingga keterangan dari Edho, tentang alasan mengapa ia meninggalkan YouTube. Atau apakah video ini hanya salah satu rangkaian proyek terbarunya semata.

Namun kurang dari satu jam video itu diunggah di YouTube, ribuan komentar dari para penggemarnya langsung memenuhi videonya. Mulai dari yang penasaran, kecewa hingga sedih tak bisa melihat karya-karya kreatif dari Edho di YouTube.

2. Sukses Bisnis Kuliner

edho zell bikin es krim pakai ayam kfcedho zell bikin es krim pakai ayam kfc Foto: YouTube Edho Zell

Dari ribuan komentar yang masuk di video pamitnya, banyak penggemarnya yang menebak bahwa Edho Zell meninggalkan YouTube agar bisa fokus mengurus bisnis dan usaha kulinernya.

"Selamat menempuh fase baru Koh Edho, semoga sukses selalu. Apa Koh Edho pamit dari YouTube karena mau fokus jadi pengusaha?" tanya salah satu penggemarnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Edho memang membuktikan kemahirannya mendirikan bisnis kuliner. Sejumlah brand hingga kafe kekinian, sukses didirikannya sampai sekarang.

Mulai dari bisnis se'i sapi kekinian dengan nama Nyapii. Kemudian kafe khusus ARMY, penggemar boyband BTS yaitu Kafe Imnida hingga membeli lisensi warteg modern yaitu Wowteg.

3. Makanan Kekinian Buatan Edho Zell

sei sapiIlustrasi sei sapi Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Jatuh bangun hidup Edho Zell yang merangkak dari nol, dijadikan banyak inspirasi oleh penggemar sekaligus penonton video setianya. Selain memiliki ide yang kreatif, Edho juga berbakat dalam mengelola usaha kuliner.

Konsep Edho cukup cerdas, ia fokus mengembangkan bisnis makanan kekinian yang tengah diminati banyak orang. Terutama kaum milenial yang menjadi salah satu target penontonnya di YouTube.

Kehandalan Edho terbukti dengan suksesnya brand Nyapii, yang sudah memiliki 60 outlet di seluruh Indonesia. Di sini Edho menyajikan menu se'i sapi asap kekinian, dengan harga yang murah, kualitas daging premium dan dijamin halal.

4. Konten Video Borong Makanan

Edho ZellEdho Zell Foto: YouTube Channel Edho Zell

Selain membuat video dengan tema parody, jalan-jalan hingga eksperimen. Edho Zell juga menarik perhatian dengan konten 'Borong! Beli Semua!" di YouTubenya. Konten ini menjadi salah satu video yang paling ditunggu-tunggu di kanal Edho Zell.

Konsepnya sederhana, Edho bersama keluarganya akan mampir ke restoran, tempat makan, kafe, hingga toko untuk memborong atau membeli semua menu makanan yang ada di sana. Ia kemudian akan mencicipi beberapa makanan tersebut.

Sisanya, Edho dan keluarganya akan membagikan makanan-makanan itu secara gratis ke orang-orang yang membutuhkan. Banyak juga konten Edho seputar kuliner lainnya, mulai dari coba makanan mahal dan murah. Sampai undang penjual makanan angkringan ke rumahnya.

5. Komentar Sedih Penggemar

Momen Masak Anti Mainstream Edho ZellMomen Masak Anti Mainstream Edho Zell Foto: YouTube / Edho Zell

"Thanks. Sosok yang menginspirasi gue untuk masuk YouTube beberapa tahun lalu," komen salah satu netizen, banyak komentar sedih lainnya. Bahkan dalam waktu kurang dari satu jam, sudah ada 2,540 komentar yang masuk di video 'Goodbye YouTube' milik Edho.

"Terima kasih untuk semuanya Ka Edho. Saya berdoa agar Kak Edho, keluarga dan kerabat selalu sehat dan bahagia. Sekali lagi terima kasih untuk 12 tahunnya," tulis salah satu penggemarnya.

"Ayo semuanya, gak apa-apa kok. Ayo kita dukung terus Ko Edho apapun itu pilihannya. We always love you Ko Edho dan Ez Crew!" dukung netizen lainnya.

"Ini sementara waktu pamitnya kaya YouTuber lain, atau selamanya?" tanya netizen penasaran.

Detikcom sudah berusaha menghubungi Edho Zell terkait hal ini (18/06), namun sampai sekarang belum ada jawaban dari pihaknya. Jadi bagaimana menurut kalian, apakah Edho Zell pamit sementara atau selamanya dari YouTube?

Baca Juga: Edho Zell dan 5 Momen Masak Anti Mainstream Miliknya



Simak Video "Makan Daging Sapi di Tanggal Tua, Kantong Tetap Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com