Masakan Rumahan

5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing

Riska Fitria - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 11:30 WIB
5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing Foto: iStock
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
Jakarta -

Menyantap ikan goreng akan lebih menggiurkan jika teksturnya renyah dan garing. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah, ikuti cara ini saat menggoreng ikan.

Ikan merupakan makanan yang kaya protein. Ikan memiliki beraneka ragam jenis dan dapat diolah menjadi berbagai resep masakan. Ikan goreng dengan bumbu kuning adalah salah satu yang sering dipilih.

Itu karena ikan goreng merupakan masakan rumahan yang praktis dan mudah dibuat. Namun, proses menggoreng ikan tidak benar-benar mudah, melainkan butuh beberapa cara agar menghasilkan tekstur yang renyah dan garing.

Mulai dari memilih jenis ikan, memilih minyak, mengatur suhu, marinasi bumbu hingga meniriskan dengan benar. Semua hal tersebut harus diperhatikan dengan baik.

Berikut 5 cara menggoreng ikan agar tidak lengket, renyah dan garing:

1. Pilih Ikan yang Segar

5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing Foto: iStock

Penting untuk memilih jenis ikan yang berkualitas baik. Pilihlah ikan yang segar dengan ciri matanya bening dan sisiknya masih melekat kuat di badan ikan. Selain itu, aromanya masih tercium segar.

Ikan yang sudah tidak segar biasanya akan mudah hancur ketika digoreng. Jenis ikan juga mempengaruhi hasil akhirnya saat digoreng. Misalnya jenis ikan tawar seperti ikan nila, kakap, lele, ikan mas atau mujair

Kemudian perhatikan jika ukuran ikan, jika ukurannya besar bisa dipotong menjadi dua atau tiga bagian. Lalu, bersihkan sisik ikan dan cuci hingga bersih.

Baca Juga : Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen

2. Bumbu

5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing5 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket, Renyah dan Garing Foto: iStock

Sebelum digoreng, ikan harus melewati proses marinasi menggunakan bumbu terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk kerat-kerat kedua sisi ikan. Proses ini berfungsi agar bumbu lebih meresap ke daging ikannya.

Agar tidak berbau amis, perciki potongan ikan dengan jeruk nipis dan diamkan beberapa menit. Sementara untuk bumbunya bisa menggunakan bumbu putih atau bumbu kunyit.

Bahan-bahannya bisa berupa bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam yang dihaluskan. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Saat digoreng tiriskan ikan agar tidak terlalu berair.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Ikan Cere Goreng Garing di Warung Cere Bu Tini Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
FOKUS BERITA Masakan Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com