Masakan Rumahan

Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Mei 2021 17:00 WIB
Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen Foto: Getty Images/yulkapopkova
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
Jakarta -

Puas melahap menu lebaran, saatnya kembali menyantap masakan rumahan yang simpel dan nikmat. Nasi hangat dengan ikan asin dan sambal pun sudah bikin nafsu makan bertambah!

Menu lebaran identik dengan sajian berlemak dan berkalori tinggi. Hal ini karena rata-rata menu lebaran dibuat dengan tambahan banyak santan.

Sebut saja rendang, sayur gurih, hingga opor ayam yang gurih nikmat rasanya. Namun karena teksturnya yang kental, menyantap menu lebaran terlalu sering bisa bikin eneg.

Pada akhirnya, banyak orang kembali merindukan masakan rumahan yang nikmat rasanya. Masakan rumahan atau home-cooked ini bisa dibilang comfort food untuk sebagian besar orang di dunia.

Baca Juga: Comfort Food, Makanan Yang Bikin Nyaman dan Kangen

Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin KangenMasakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen Foto: Getty Images/yulkapopkova

Dikutip dari Irish Times (17/5), studi tahun 2011 berjudul 'Chicken Soup Really Is Good for the Soul' oleh profesor psikologi Shira Gabriel menyebut comfort food sebagai makanan yang membuat seseorang lebih baik setelah menyantapnya.

Comfort food juga memenuhi kebutuhan seseorang untuk menjadi bagian dari sebuah keluarga atau komunitas. Comfort food biasanya erat dengan masakan rumahan yang dinikmati di masa kecil.

Di Indonesia, comfort food yang dimaksud kebanyakan masakan tradisional rumahan. Meski racikannya sederhana, namun cita rasanya selalu bikin nostalgia, kangen, nyaman, sekaligus memuaskan selera.

Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin KangenMasakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen Foto: Getty Images/yulkapopkova

Misalnya racikan nasi hangat dengan sayur asem, ayam goreng, ikan asin, dan sambal. Siapapun pasti tergoda ketika mendengar paduannya.

Masakan rumahan yang simpel ini bisa kembali kamu sajikan untuk keluarga usai puas makan menu lebaran. Cita rasanya yang ringan cocok untuk mengisi perut yang masih beradaptasi setelah sebulan penuh berpuasa.

Baca Juga: 9 Resep Masakan Rumahan untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

Pada ulasan kali ini, detikfood akan menghadirkan informasi seputar masakan rumahan simpel. Kebanyakan berupa tips dan inspirasi resep yang bisa dicoba.

Misalnya tips dan resep membuat sayur bobor bayam. Pemakaian santan segar jadi kunci kelezatannya. Sayuran bisa dipadukan dengan labu siam dan tempe.

Masakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin KangenMasakan Rumahan yang Sederhana dan Bikin Kangen Foto: Getty Images/yulkapopkova

Lalu ada juga tips membuat sop ayam yang kelihatannya gampang, tapi sebenarnya butuh trik dalam membuatnya. Hindari beberapa kesalahan seperti tidak menumis bumbu lebih dulu atau memasak sayuran terlalu lama hingga lonyot.

Ada juga tips membuat tempe goreng yang enak, ikan asin yang pedasnya pas, hingga ikan goreng yang garing renyah. Semua menu ini sangat pas dijodohkan dengan nasi hangat!

Nah, supaya tidak ketinggalan informasi, simak terus ulasan detikfood pekan ini. Berbagai tips dan resep seputar masakan rumahan simpel diharapkan bisa menginspirasi kamu dalam berkreasi di dapur!

Baca Juga: 5 Masakan Rumahan yang Murah dan Gampang Dibuat

(adr/odi)
FOKUS BERITA Masakan Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com