5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Hancur

Odilia WS - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 09:00 WIB
Tips menggoreng ikan Foto: iStock
Jakarta -

Menggoreng ikan bukan sekedar memasukkan ikan dalam wajan berisi minyak panas. Ikuti tips menggoreng ikan agar tak lengket dan hancur ini.

Menggoreng ikan sering dilakukan hampir tiap hari. Tetapi banyak orang gagal menggoreng ikan yang renyah dan garing. Hasilnya seringkali ikan hanciur, lengket di wajan dan tak bisa renyah.

Padahal jika dilakukan dengan benar, menggoreng ikan cukup mudah. Ikan goreng yang garing, utuh dan mulus dengan daging yang tetap empuk dan bumbu meresap paling afdol dimakan dengan sambal dan nasi hangat.

Bukan hanya tak bisa menggoreng ikan, banyak orang yang takut menggoreng ikan karena minyak yang meletup-letup di wajan, menciprati dinding dapur bahkan badan.

Supaya tak ada kehebohan di dapur coba ikuti 5 tips menggoreng ikan agar tak lengket dan hancur ini. Mulai dari memilih ikan, membumbui hingga menyajikannya dengan sambal plus pelengkap lainnya.


1. Ikan

Ikan haruslah ikan yang segar. Matanya bening dan sisiknya masih melekat kuat di badan ikan dengan aroma yang segar. Ikan yang tak segar bisa dipastikan akan hancur saat digoreng. Karena sudah mulai rusak dagingnya.

Jenis ikan air tawar seperti ikan nila, lele, ikan mas atau mujair enak digoreng garing. Ikan laut seperti belanak, terisi, kembung, selar, bawal dan baronang cocok digoreng.

Perhatikan ukuran ikan, jika memakai ikan ukuran agak besar sebaiknya dipotong menjadi 2 atau 3 bagian. Atau sayat membujur badan ikan lalu buka hingga melebar. Bersihkan sisik dan isi perut ikan dan cuci hingga bersih dan tak ada bekas darah.

ikan gorengTips menggoreng ikan. Foto: iStock

2. Bumbu

Sebelum membumbui ikan, kerat-kerat kedua sisi badan ikan agar bumbu mudah menyerap. Perciki potongan ikan dengan air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat.

Sebagai bumbunya bisa dipakai bumbu putih tanpa kunyit atau bumbu kunyit. Untuk bumbunya haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam. Atau cukup bawang putih dan garam saja.

Lumuri ikan atau potongan ikan dengan bumbu halus ini dan diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap sempurna. Saat akan digoreng, tiriskan ikan agar tak terlalu berair.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]