Tren Warung Kampung

Ikan Wader, Si Mungil yang Kriuk Renyah Jadi Menu Andalan Warung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 17:30 WIB
Wader dan Udang Goreng  dari Waduk Gajah Mungkur Foto: dok.detikFood/Aris Arianto
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
Jakarta -

Warung kampung diminati karena menawarkan menu sederhana tapi enak, termasuk ikan wader goreng yang gurih dan renyah.

Mengunjungi warung-warung kampung yang banyak tersebar di sekitar Jakarta, kamu akan menemukan beberapa menu unik. Salah satu yang jadi primadona adalah ikan wader. Ikan mungil ini mudah ditemui di sungai-sungai.

Biasanya warung kampung mengolah ikan wader dengan cara digoreng tepung atau dibuat pepes. Di beberapa daerah, wader juga digoreng tepung dan dijadikan camilan.

Sebenarnya apa itu ikan wader? Seperti apa nilai gizinya dan sejak kapan ikan wader umum dikonsumsi? detikFood (29/9) merangkum fakta ikan wader seperti berikut:

1. Sebutan lain ikan wader

Ikan waderIkan wader Foto: Getty Images/iStockphoto/prasom99

Dikutip dari Indonesia.Go.Id, ikan wader punya sebutan berbeda di daerah lain. Orang Betawi sering menyebutnya ikan cere, sementara orang Sunda menamakannya ikan paray.

Sebutan ikan wader sendiri jamak dipakai di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun seiring perkembangan waktu, ikan cere banyak yang punah dari perairan Jakarta. Pun dengan ikan paray yang sudah tak terlalu populer.

Akhirnya ikan wader yang sampai saat ini masih jadi primadona. Ikan wader banyak hidup di parit-parit yang airnya jernih dan mengalir. Ada juga yang hidup di saluran irigasi, di sawah, di sungai kecil-menengah, hingga di tepian danau atau waduk.

Baca Juga: Wader, Si Kecil yang Renyah Enak Jadi Camilan!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung
FOKUS BERITA Tren Warung Kampung