Berita Terpopuler

Hukum Bayar Zakat pakai Beras hingga Penjual Sate Cantik

Tim detikFood - detikFood Senin, 10 Mei 2021 09:30 WIB
Manisnya Naya, Penjual Sate Ayam yang Laris Manis di Yogyakarta Foto: TikTok @makanandiyogya
Jakarta -

Membayar zakat dengan beras ada hukumnya. Adapula seorang penjual sate cantik dan suami yang perfeksionis soal makanan.

Selain menjalankan ibadah puasa, saat bulan suci Ramadhan umat Muslim juga diwajibkan untuk membayar zakat. Biasanya zakat dibayarkan saat mendekati hari raya Idul Fitri. Zakat dilakukan dengan menyumbangkan beras sekitar 2,5 liter. Hal tersebut telah diterangkan dalam sebuah hadist.

Lagi-lagi seorang penjual makanan menjadi viral karena memiliki paras yang cantik. Kali ini ada seorang penjual sate yang berada di Yogyakarta. Warungnya menarik perhatian usai dibagikan lewat video TikTok @makanandiyogya. Selain karena pelayannya cantik, warung sate tersebut juga menarik perhatian karena menawarkan harga yang murah meriah pada seporsi satenya.

Seorang wanita pengguna TikTok ini menceritakan soal kebiasaan suaminya yang perfeksionis dalam sebuah video. Dalam video tersebut memperlihatkan sang suami saat menata barang-barang yang ada di rumahnya. Kebiasaan tersebut pun mau tak mau harus dilakukan oleh sang istri. Terutama saat menghidangkan makanan untuk berbuka puasa.

Berikut ini tiga berita terpopuler yang menarik perhatian pembaca kemarin, (09/05):

1. Hukum Membayar Zakat pakai Beras

Hukum Membayar Zakat Fitrah pakai BerasHukum Membayar Zakat Fitrah pakai Beras Foto: iStock

Kewajiban membayar zakat fitrah telah diterangkan dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud. Zakat fitrah dilakukan dengan menyumbangkan beras sebanyak 2,5 liter atau bisa juga 3,5 karena disesuaikan dengan konsumsi perorangan dalam sehari.

Jumlah berapa beras yang harus dikeluarkan itu juga tercatat dalam hadist. Dalam hadist tersebut, Nabi Muhammad telah mencontohkan membayar zakat menggunakan gandum, kurma dan sagu. Namun kini, kebanyakan orang lebih sering menggunakan beras untuk membayar zakat.

Beras tersebut dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia. Biasanya zakat fitrah dikeluarkan sebelum waktu sholat Idul Fitri di hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Baca Juga : Hukum Membayar Zakat Fitrah pakai Beras

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Seafood Legendaris Wiro Sableng yang Terkenal Enak Bumbu Bakarnya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com