Ampuh! 5 Manfaat Lemon untuk Bersihkan Perabot Rumah

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 10:30 WIB
Manfaat Lemon yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah Foto: iStock
Jakarta -

Lemon tak hanya dijadikan campuran minuman atau bumbu untuk masakan, tapi juga bermanfaat untuk membersihkan perabot rumah tangga. Apa saja ya?

Lemon adalah buah citrus yang rasanya asam kecut. Lemon banyak dikonsumsi sebagai minuman karena menyehatkan. Di dalamnya terkandung vitamin C yang cukup tinggi.

Tak hanya minuman, lemon juga kerap dijadikan bumbu masakan. Biasa digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada daging atau seafood. Proses pembuatan kue juga sering menggunakan lemon.

Selain itu, lemon juga bisa lho digunakan untuk membersihkan perabot rumah. Bisa untuk menghilangkan noda pada teko teh, kotak makan berbahan plastik, hingga talenan.

Seperti dilansir dari The Spurce (26/10), berikut 5 manfaat lemon yang ampuh bersihkan perabot rumah:

1. Panci

Manfaat Lemon yang Ampuh Bersihkan Perabot RumahManfaat Lemon yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah Foto: iStock

Panci biasanya terbuat dari bahan baja tahan karat dan tembaga. Kalau sering digunakan, tampilan panci tak semulus saat awal membelinya. Biasanya di panci tertinggal kerak atau noda bekas makanan.

Kalau ingin panci terlihat selalu cantik, bisa kamu atasi dengan lemon. Cukup potong lemon menjadi dua, kemudian celupkan ke dalam garam.

Setelah itu gosok ke permukaan panci untuk menghilangkan noda dan kotoran. Lalu, bilas sampai bersihkan dan keringkan dengan kain bersih.

Baca Juga: 5 Manfaat Baking Soda yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah

2. Teko Teh

Manfaat Lemon yang Ampuh Bersihkan Perabot RumahManfaat Lemon yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah Foto: iStock

Teh biasanya dibuat dalam teko. Warna teh yang cokelat gelap lantas meninggalkan noda di teko kalau terlalu lama didiamkan atau sering dipakai. Untuk mengembalikan teko teh seperti semula, kamu bisa menggunakan lemon.

Caranya dengan memanaskan air hingga mendidih di dalam teko, lalu masukkan setengah cangkir jus lemon ke dalamnya. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Makan Iga Bakar Madu Lemon dan Sup Gurame Kari Aceh"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com