5 Manfaat Baking Soda yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 12:30 WIB
Manfaat Baking Soda untuk Perabot Rumah Foto: iStock
Jakarta -

Baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue ini ternyata bermanfaat untuk membersihkan perabot rumah tangga. Mulai dari kulkas hingga karpet.

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan campuran untuk membuat kue atau roti. Gunanya untuk mengembangkan adonan.

Selain jadi campuran bahan kue, baking soda juga bermanfaat untuk membersihkan perabot rumah tangga. Dilansir dari Express (3/12), setidaknya ada 5 manfaat baking soda yang ampuh unguk membersihkan kulkas, oven, hingga karpet.

Cara membersihkan perabot rumah tangga itu juga mudah. Biasanya baking soda juga dicampurkan dengan bahan lainnya.

Berikut 5 manfaat baking soda untuk membersihkan perabot rumah:

1. Karpet

Manfaat Baking Soda untuk Perabot RumahManfaat Baking Soda untuk Perabot Rumah Foto: iStock

Karpet biasanya dibersihkan dengan cara dicuci dan disikat. Ada juga yang membersihkannya menggunakan penyedot debu. Tapi, ada cara lain yaitu menggunakan baking soda.

Karena salah satu manfaatnya yaitu mampu menghilangkan noda dan bau tak sedap, jadi bagus untuk membersihkan karpet. Baking soda ini akan membantumu dengan mudah menyingkirkan bakteri jahat yang tersembunyi pada sela-sela karpet.

Caranya dengan melarutkan baking soda menggunakan air. Lalu, oleskan larutan baking soda itu ke seluruh permukaan karpet. Kemudian rendam karpet di dalam ember selama semalam. Setelah itu keesokan harinya tinggai dibilas dan dikeringkan.

Baca Juga: Begini Cara Praktis Bersihkan Wadah Makanan yang Berminyak

2. Penyaring Bak Cuci Piring

Manfaat Baking Soda untuk Perabot RumahManfaat Baking Soda untuk Perabot Rumah Foto: iStock

Bak cuci piring jadi salah satu perabot rumah tangga yang paling kotor. Karena di sana tempat kita mencuci piring-piring kotor. Sisa makanan juga banyak bersarang di sana hingga menimbulkan kerak.

Tapi, tak perlu repot lagi karena dengan baking soda bisa membuat bak cuci piring yang kotor dan beraroma busuk teratasi. Caranya dengan menuangkan 200 gram baking soda atau sekitar setengah cangkir ke penyaring wastafel.

Setelah itu tambahkan juga sekitar 200 gram cuka. Lalu, tutup pennyaring dengan kain basah dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air panas untuk membersihkannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com