Jamur 'Glow in The Dark' Ini Tampilannya Cantik Banget

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 11 Des 2020 14:00 WIB
Jamur Glow in The Dark Foto: food ndtv
Jakarta -

Jamur memiliki banyak jenis, salah satunya jamur dengan sebutan 'Bioluminescence' yang bisa menyala saat gelap. Bagaimana tampilan jamur unik ini?

Jamur adalah jenis makanan yang masuk ke dalam klasifikasi sayuran. Jamur punya beragam jenis, ada yang aman dikonsumsi namun ada juga yang beracun.

Jamur yang bisa dikonsumsi seperti jamur kancing, tiram, kuping gajah, shitake, dan lainnya. Biasanya jamur-jamur ini diolah sebagai pelengkap hidangan seperti dijadikan campuran sup, tumisan, hingga BBQ.

Tapi, selain jamur yang umum diketahui ada juga yang bentuknya unik. Jamur bernama Bioluminescence ini bisa menyala dalam gelap (glow in the dark), seperti dilansir dari Food NDTV (9/12).

Jamur Glow in The DarkJamur Glow in The Dark Foto: food ndtv

Baca Juga: Jamur Enoki Berbahaya Karena Bakteri Listeria, Ini Faktanya

Jamur 'bercahaya' ini ditemukan para ilmuwan di Meghalaya, India. Jamur ini memancarkan cahaya hijau neon yang cukup terang saat gelap atau malam hari.

Cahaya hijaunya terpancar dari tangkai jamur tersebut. Jamur-jamur itu sendiri hidup pada bilah bambu. Ukurannya kecil dan memanjang.

Jamur Glow in The DarkJamur Glow in The Dark Foto: food ndtv

Varietas baru jamur ini ditemukan di perbukitan Khasi Timur, Maghalaya, India. Ini adalah kali pertama jamur bercahaya tersebut ditemukan di India.

Umumnya organisme seperti jamur yang bisa bercahaya ini sering ditemukan di lingkungan laut. Namun, jamur bercahaya yang ditemukan di India ini berada di daratan.

Cahaya yang dihasilkan oleh jamur biasanya bergantung pada sifat kimianya. Jamur India yang ditemukan oleh komite penelitian mengeluarkan cahaya kehijauan, dan secara ilmiah dinamai Roridomyces phyllostachydis.

Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung untuk mencari tahu mengapa jamur ini bisa memancarkan cahaya. Ada teori populer yang menunjukkan kalau hal itu bisa terjadi untuk menarik serangga dan mencegah hewan untuk mengonsumsinya.

Jamur Glow in The DarkJamur Glow in The Dark Foto: food ndtv

Sebelumnya, makanan bercahaya juga pernah ditemukan Thailand. Ilmuwan yang meneliti tentang sushi bercahaya ini mengatakan ada 3 kemungkinan mengapa sushi topping udang itu dapat bersinar.

Pertama, karena adanya bakteri yang bisa menghasilkan cahaya. Kedua ada kemungkinan kalau bahan yang digunakan untuk campuran sushi tersebut mengandung plankton yang bercahaya seperti dinoflagellate. Ketiga, bisa saja sushi tersebut mengandung bahan fosfor.

Baca Juga: Heboh Sushi 'Glow in The Dark', Ilmuwan Ungkap Fakta Ini!



Simak Video "Jamur Pelawan, Jamur Mahal yang Diolah Jadi Kuliner Khas Bangka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com