Heboh Sushi 'Glow in The Dark', Ilmuwan Ungkap Fakta Ini!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 18:00 WIB
Heboh Sushi Glow In The Dark Foto: Twitter @kannbam
Jakarta -

Belakangan ini netizen Twitter dihebohkan dengan temuan sushi menyala dalam gelap alias 'glow in the dark'. Ilmuwan asal Thailand mengungkap fakta di baliknya.

Sushi merupakan makanan khas Jepang berupa nasi yang digulung dengan rumput laut dan biasanya berisi seafood. Tapi, ada juga sushi bernama nigiri dimana nasi dibentuk lonjong lalu di atasnya diberikan seafood hingga tamago.

Seiring berkembangnya zaman dan peminatnya, sushi pun dikembangkan dengan rasa dan bentuk yang menarik. Ada yang bentuknya menyerupai naga, donat, hingga disajikan dengan wadah menyerupai tangga.

Beberapa tahun lalu ada sushi 'glow in the dark' yang sempat menjadi hits di Amerika. Dilansir dari Oddity Central (19/3/12), sushi 'glow in the dark' dibuat dari campuran ikan glofish.

Heboh Sushi Glow In The DarkHeboh Sushi Glow In The Dark Foto: glowingsushi.com

Baca Juga: Wouuw.. Glowing Sushi Ini Bisa Menyala Dalam Gelap!

Namun belakangan ini sushi 'glow in the dark' kembali membuat kehebohan di Twitter. Bukanlah sushi yang sama seperti di Amerika, melainkan seorang netizen mengunggah sushi 'glow in the dark' yang baru saja ia beli dari salah satu gerai.

Netizen dengan akun Twitter @kannbamm mengunggah beberapa foto (27/7) yang memperlihatkan kalau salah satu sushinya bisa bersinar di kegelapan. Jika memang sushi tersebut dibuat dalam konsep menyala dalam kegelapan, pasti semuanya akan menyala.

Heboh Sushi Glow In The DarkHeboh Sushi Glow In The Dark Foto: Twitter @kannbam

Namun yang menyala hanya sushi nigiri topping udang saja. Unggahan netizen inipun viral dan membuat banyak netizen bertanya-tanya. Mengapa sushi bisa menyala dalam gelap?

Dilansir dari Asia One (29/7) untuk menjawab kebingungan netizen atas kehebohan sushi bersinar ini, seorang Ilmuwan di Thailand menjelaskan fenomena itu di laman https://www.detik.com/tag/sushiFacebook miliknya. Jessada Denduangboripant dari Chulalongkorn University mengatakan ada 3 kemungkinan mengapa sushi topping udang itu dapat bersinar.

Heboh Sushi Glow In The DarkHeboh Sushi Glow In The Dark Foto: Twitter @kannbam

Pertama, karena adanya bakteri yang bisa menghasilkan cahaya. Seperti Pseudomonas aeruginosa, Pseudononas fluorescens, dan Vibrio fischeri. Bakteri-bakteri tersebut akan bersinar saat masih hidup namun akan mati ketika terkena panas.

Kedua ada kemungkinan kalau bahan yang digunakan untuk campuran sushi tersebut mengandung plankton yang bercahaya seperti dinoflagellate. Jadi ketika dihidangkan bisa saja sushi punya tampilan yang tak biasa.

Heboh Sushi Glow In The DarkHeboh Sushi Glow In The Dark Foto: Twitter @kannbam

Kemungkinan terakhir bisa saja sushi tersebut mengandung bahan fosfor. Dimana bahan tersebut biasanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan.

Tapi dari ketiga kemungkinan belum dapat disimpulkan secara pasti. Karena menurut Denduangboripant, dugaan ini harus kembali diinvestigasi lewat Department of Medical Sciences.

Baca Juga: Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018



Simak Video "Inovasi Warga +62: Sushi Soto Ayam hingga Sushi Boba!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)