Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 05 Jan 2019 10:41 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun lalu, hadir beragam sushi bentuk unik dan populer karena disukai banyak orang. Diantaranya ada donat sushi hingga pizza sushi.

Sushi umumnya berbentuk bundar atau bulat lonjong dengan nasi suhsi dan isian atau topping irisan ikan. Tapi di tahun 2018, hadir beragam kreasi sushi. Bentuknya pun jadi sangat unik. Seperti donat sushi hingga croissant sushi, ini 5 sushi 'fusion' yang hits tahun lalu.


1. Donat sushi

Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018Foto: Istimewa
Sushi ini menarik perhatian karena tampilannya yang cantik. Sebab sushi ini berbentuk bundar mendatar dengan lubang di tengahnya. Sementara isian sushi ditaruh di atas dan dijadikan topping. Sehingga tampilannya mirip seperti sebuah donat.

Tak diketahui pasti dari mana awal mula donat sushi dibuat. Hanya saja biasa donat sushi sering dibuat pencinta sushi dan diunggah di media sosial dengan tagar #sushidonut.

Baca juga:Setelah Sushi Burger, Kini Ada Sushi Donat yang Tak Kalah Unik

2. Pizza sushi

Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018Foto: Instagram @PokeBurri
Ini dia penggabungan dua sajian populer di dunia, sushi dan pizza. Restoran sushi di Atlanta, Georgia bernama Poke Burri sengaja membuat sushi berbentuk pizza.

Meskipun menyerupai pizza, tetapi bahan-bahan yang digunakan sama seperti sushi pada umumnya. Hanya saja tampilannya yang dibuat menyerupai pizza. Berupa potongan berbentuk segitiga. Yang membuatnya benar-benar seperti pizza karena isiannya dijadikan topping.

3. Sushi piramida

Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018Foto: Instagram
Di restoran sushi bernama Budhi's Sushi wilayah Georgia, Amerika, ada menu sushi yang dikenal dengan sebutan 'Sushi Pyramid'. Hal itu dikarenakan bentuk sushinya seperti sebuah piramida.

Budhi's Sushi sengaja membuat Ocean Pyramid yang terdiri dari tumpukan nasi, salmon, tuna, yellow tail, alpukat, nasi, dan tobiko. Semuanya tersusun dengan rapi hingga berbentuk piramida.

Kemudian tumpukan semua bahan tadi disajikan dengan saus ponzu, teriyaki, dan sriracha. Saus ponzu merupakan saus jeruk khas Jepang yang banyak digunakan untuk membuat daging panggang.

4. Sushi burito

Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018Foto: Istimewa
Sushi burrito jadi food hybrid terbaru di Tokyo, Jepang. Restoran bernama Beeat menghadirkan sushi burrito sebagai menu andalan. Menu yang patut dicoba ialah Magu Avo Tokyo Berbentuk gulungan besar dan panjang layaknya burrito, sushi ini diisi tuna (magura) dan alpukat.

Sementara isian sayuran berupa irisan wortel, selada, dan mentimun. Dibanding sushi biasa, pemakaian sayuran ini lebih banyak sehingga lebih menyehatkan. Kulit burritonya sendiri tidak menggunakan tortilla melainkan kulit wanton yang lembut gurih.

Baca juga: Wah Cantiknya! Sushi Burrito Dalam Warna-warni yang Segar

5. Croissant sushi

Donat Sushi hingga Sushi Piramida, Sushi Cantik yang Hits Tahun 2018Foto: Istimewa
Crosushi alias croissant sushi punya tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Menu ini bukan berisi sushi yang dibentuk seperti croissant. Tapi justru croissant yang diberi isian sushi. Isiannya berupa ikan salmon asap, wasabi dan acar jahe yang dibungkus dengan nori lalu diberi topping wijen.

Jadi saat digigit atau dipotong, isian ini akan tampak seperti sushi. Rasanya jadi renyah dan gurih. Kecap Jepang Kikkoman jadi pelengkap crosushi ini. Kreasi ini milik gerai roti asal California bernama Mr Holmes Bakehouse. Crosushi ini bernama California Croissant.

(dwa/odi)