Ini Sebabnya Kalkun Jadi Sajian Spesial Perayaan Thanksgiving

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 14:45 WIB
Turkey, kalkun panggang Foto: Istock
Jakarta -

Kalkun identik dengan Thanksgiving yang dirayakan warga Amerika. Kalkun panggang selalu jadi sajian spesialnya. Ini sebabnya.

Perayaan Thanksgiving atau ucapan syukur dirayakan warga Amerika di hari Kamis terakhir bulan November yang jatuh tanggal 26 November. Hampir bisa dipastikan di tiap rumah akan membuat kalkun panggang.

Thanksgiving merupakan perayaan warga Amerika yang bertujuan untuk mengucap syukur. Thanksgiving biasa dilakukan dengan cara berkumpul bersama keluarga dan bersama-sama mengucap syukur atas berkat kehidupan yang didapatkan selama satu tahun tersebut.

Ada yang khas dari perayaan ini. Kalkun panggang menjadi menu yang tidak pernah absen dalam setiap tahun perayaan Thanksgiving.

Mengapa kalkun jadi suguhan spesial Thanksgiving? Berikut alasan kalkun digunakan sebagai menu Thanksgiving yang telah dirangkum dari Mashed (8/11).

Kalkun, Unggas Asli Amerika

Bread dan Butter merupakan dua ayam kalkun yang akan mendapat pengampunan dari Presiden Donald Trump. Kegiatan itu rutin dilakukan jelang perayaan Thanksgiving.Kalkun Thanksgiving. Foto: Getty Images

Kalkun merupakan unggas asli Amerika yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Berdasarkan catatan fosilnya, kalkun di Amerika sudah ada sejak 5 juta tahun yang lalu.

Pada abad ke-16 penduduk asli Meksiko membawa burung tersebut ke bagian utara yang sekarang disebut Amerika. Kalkun juga kemudian dibawa ke Eropa dan populer karena bentuknya yang besar dan eksotis. Kalkun juga dibawa tiap kali berpindah kemanapun mereka pergi.

Pada tahun 1940 populasi kalkun mulai berkurang dan hanya ditemukan di beberapa wilayah di Amerika. Mereka akhirnya dibawa untuk percobaan dikembangbiakan di daerah lain dengan tujuan menemukan tempat yang tepat agar kalkun hidup dan berkembang biak dengan lebih baik.

Saat ini populasi kalkun sudah sangat meningkat. Kalkun sudah memiliki populasi yang sangat banyak di 48 negara bagian Amerika Serikat.

Ukurannya Besar dan Hanya Menghasilkan Daging

Baked chicken stuffed with rice for Christmas dinner on a festive tableBaked chicken stuffed with rice for Christmas dinner on a festive table Foto: iStock

Jika ayam bisa dikembang biakkan untuk mendapatkan telurnya. Lain halnya dengan kalkun. Kalkun memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Tetapi kalkun tidak jagoan menghasilkan telur yang bisa dikonsumsi.

Kalkun dianggap sebagai hewan besar yang kurang berguna jika dibandingkan dengan hewan besar lainnya. Misalnya seperti sapi yang bisa bekerja di ladang dan diambil susunya.

Ukurannya yang besar membuat kalkun akan dapat mencukupi makan semua anggota keluarga. Sebagai menu yang praktis dan besar maka kalkun dipilih untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga.

Mengingat Thanksgiving adalah perayaan penting yang harus dirayakan bersama keluarga. Makanan yang dihidangkan pun harus cukup untuk dimakan bersama seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: 5 Hidangan Ini Wajib Disajikan Saat Perayaan Thanksgiving

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Anti-mainstream! Ada Bakso Berbahan Kalkun di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com